Skip to main content

LKPD PEWARISAN SIFAT 2

 LKPD. PEWARISAN SIFAT 2

PEWARISAN SIFAT

 

Tujuan :

  1.       .Menentukan sel kelamin (gamet) berdasarkan geneotip induk.
  2.     Menentukan hasil persilangan monohybrid dan dihybrid sesuai hokum pewarisan sifat
Teori:

-          Kromosom  sel kelamin  sama dengan separuh (1/2) dari kromosom sel tubuh induknya

-          Gen pembawa sifat dominan ditulis dengan huruf besar, misalnya DD (homozigot) atau Dd (heterozigot)

-          Gen pembawa sifat dominan tak penuh ditulis dengan huruf campuran (heterozigot), misalnya Dd

-          Gen pembawa sifat resesif ditulis dengan huruf kecil, misal dd (homozigot)

-          Hukum Mendel I menyatakan  bahwa pada waktu pembentukan gamet terjadi segresi atau pemisahan alela (variasi gen) secara bebas, dari diploid menjadi haploid, dibuktikan dengan persilangan monohybrid

-          Hukum persilangan II  (Hukum Penggabungan Bebas)dibuktikan dengan persilangan dihbrida

Latihan

1.      Menentukan sel kelamin (gamet) berdasarkan genotip induk

Lengkapilah titik-titik pada tabel di bawah ini! Lihat contohnya!

a.       Genotip dengan satu sifat beda

No.

 

Fenotip

(satu sifat beda)

Parental/Induk (P)

Genotip

Sel Kelamin

1.

Biji bulat

BB

B

2.

Biji kisut

bb

b

3.

Batang tinggi

TT

4.

Batang pendek

tt

5.

Warna bunga ungu

Uu

U dan u

6.

Warna bunga putih

UU

9.

Rambut keriting

C

10.

Rambut lurus

ss

11.

Rambut ikal

C dan s


            







Selamat belajar, semoga diberi kemudahan

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS PRAKTEK PESAWAT SEDERHANA "MINIATUR JEMBATAN GERAK"

 MINIATUR JEMBATAN GERAK           Salah satu materi IPA di Kelas 8 Semester 1 adalah Pesawat Sederhana. Materi ini telah  dipelajari oleh peserta didik SMPN 6 Mataram melalui serangkaian kegiatan belajar seperti praktek sederhana di laboratorium, dengan mendemonstrasikan prinsip kerja dari  tuas, katrol dan bidang miring. Peserta didik juga diberikan latihan soal untuk mengukur pemahaman terhadap materi dan diakhiri dengan pemberian tugas tentang  pembuatan produk miniatur "Jembatan Gerak " yang bekerja dengan memanfaatkan prinsip katrol. Pembuatan produk tersebut merupakan bagian dari penilaian kinerja peserta didik yang berfokus pada hasil karya atau produk.           Jembatan gerak atau movable bridge adalah  jembatan yang dapat bergerak untuk memungkinkan benda-benda tinggi seperti kapal layar melintasinya. Jembatan ini berbeda dengan jembatan pada umumnya karena badan jembatan dapat dinaikkan dan ...

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK CABANG-CABANG SAINS

  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK LKPD 1                       A. Tujuan:  Peserta didik mampu menyebutkan cabang-cabang ilmu sains disertai bidang yang dipelajari setelah literasi dan membuat mind maping tentang cabang ilmu sains dengan mandiri Peserta didik mampu mengumpulkan dan menyajikan informasi    untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama dari hasil diskusi dengan mandiri  B. Teks Bacaan Cabang-cabang ilmu sains  erdapat 5 cabang ilmu pengetahuan alam yaitu biologi, fisika, astronomi, kimia dan ilmu bumi. Berikut penjelasan singkat mengenai 5 cabang utaman dalam IPA atau sains. Bi ologi adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang organisme hidup,perkembangbiakannya, dan interaksinya. Cabang biologi adalah zoology, botani,genetika,ekologi, biologi kelautan, dan  biokimia. F...

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)