Skip to main content

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK CABANG-CABANG SAINS

 


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

LKPD 1

                 

A. Tujuan: 

  1. Peserta didik mampu menyebutkan cabang-cabang ilmu sains disertai bidang yang dipelajari setelah literasi dan membuat mind maping tentang cabang ilmu sains dengan mandiri
  2. Peserta didik mampu mengumpulkan dan menyajikan informasi  untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama dari hasil diskusi dengan mandiri

 B. Teks Bacaan

Cabang-cabang ilmu sains erdapat 5 cabang ilmu pengetahuan alam yaitu biologi, fisika, astronomi, kimia dan ilmu bumi. Berikut penjelasan singkat mengenai 5 cabang utaman dalam IPA atau sains.


Biologi adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang organisme hidup,perkembangbiakannya, dan interaksinya. Cabang biologi adalah zoology, botani,genetika,ekologi, biologi kelautan, dan biokimia.


Fisika adalah cabang ilmu alam yang berkaitan dengan studi sifat dan interaksi waktu ruang energy dan materi fisika adalah mempelajari tentang bagaimana alam terbentuk dan hubungan berbagai bidang alam.


Kimia adalah cabang IPA, yang berkaiatan dengan komposisi zat,unsur, sifat dan reaksinya.kimia adalah sutdi tentang materi dan interaksinya dengan energy dan materi itu  sendiri.


Astronomi adalah cabang sains yang memepelajri tentang benda langit dan fenomena yang berasal dari luar atmosfer bumi. Benda langit eliputi bintang, komet,planet, dan galaksi.fenomena di luar angkasa seperti latar belakang radiasi kosmik. 


Geologi adalah ilmu bumi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan perkembangannya. Ilmu bumi mencakup system cuaca dan iklim, serta studi tentang benda mati seperti lautan,batu dan planet.ilmu ini berkaitan dengan aspek fisik bumi,seperti pembentukan,struktur,dan fenimena terkait.


C. Petanyaan PenelitianB

Buatlah suatu pertanyaan seputar bacaan atau video yang disajikan agar lebih memahami    masalah yang muncul.


D. Alat dan Bahan

1.      Kertas plano

2.      Spidol

3.      Lem


E. Cara Kerja

Lakukan sesuai petunjuk berikut!

1.      Bacalah buku IPA halaman 1 - 6.

2.      Buatlah mind mapping tentang cabang-cabang sains.

3.    Tulislah pengertian dari masing-masing cabang IPA tersebut.

4.   Tuliskan pula nama tokoh ilmuwan dari masing-masing cabang   IPA . 


F. Pertanyaan-pertanyaan

 

Setelah kalian mendiskusikan dan membuat mind mapping, Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1.      Apakah akibat dari penemuan diatas dapat mengubah kehidupan manusia (bisa di bidang sosial, ekonomi atau lingkungan)?

2.      Mengapa penemuan tersebut penting? Apakah ada akibat yang negatif/ tidak baik?

3.      Adakah ilmuwan dari Indonesia? Penemuan apa yang telah ditemukan?



                         G. Buatlah Kesimpulan

 

 

Comments

Popular posts from this blog

LKPD. PENGERTIAN GERAK DAN JENIS-JENIS GERAK KELAS 7

  GERAK BENDA   LKPD 1. Pengertian Gerak dan Jenis-jenis Gerak Tujuan Pembelajaran: 1.       Menjelaskan pengertian gerak 2.      Membedakan jenis gerak berdasarkan lintasaannya. 3.      Mengidentifikasi besaran-besaran yang terdapat pada benda yang bergerak 4.      Mengelompokkan gerak berdasrkan kecepatannya 5.      Menyusun kesimpulan   Isilah titik-titik di bawah ini! 1.         1.  Bapak mengendarai motor menuju kantornya seperti gambar berikut!                          Berdasarkan gambar di atas dapat dikatakan : a)        Motor disebut bergerak jika titik acuannya …. b)        Bapak disebut bergerak jika titik acuannya …. c)        Kantor disebut bergerak jika titik acuannya .… Berdasarkan jawabanmu di atas, benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan … terhadap .... d)        Motor bergerak pada lintasan lurus sehingga dinamakan   gerak …. e)        Speedometer pada motor berfungsi untuk mengukur …. f)         Besaran- besaran lain

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)  

LKPD TRUKTUR TUMBUHAN

  STRUKTUR ANATOMI AKAR TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL   A.     Tujuan             : Mengamati perbedaan struktur akar tumbuhan monokotil dan dikotil   B.      Rumusan Masalah        : ………………………………………………………   C.      Alat dan Bahan: 1.       Preparat awetan akar monokotil 2.       Preparat awetan akar dikotil 3.       Mikroskop dan perlengkapannya   D.     Cara Kerja 1.       Amatilah preparat akar monokotil menggunakan mikroskop dengan pembesaran yang lemah. 2.       Amatilah struktur dan letak setiap jaringan penyusun akar monokotil. 3.       Dengan pembesaran yang lebih kuat, amatilah detail struktur anatomi akar. Temukan jaringan epidermis, korteks, endodermis dan stele (xylem dan floem). 4.       Buatlah gambar dan lengkapilah bagian-bagiannya. 5.       Ulangi langkah 1 – 4 untuk mengamati akar dikotil.   E.      Hasil Pengamatan Tabel. Struktur Akar Tumbuhan Monokotil dan Dikotil No. Jenis Akar Tumbuhan Gambar An