A. Tujuan:
- Peserta didik mampu menyebutkan cabang-cabang ilmu sains disertai bidang yang dipelajari setelah literasi dan membuat mind maping tentang cabang ilmu sains dengan mandiri
- Peserta didik mampu mengumpulkan dan menyajikan informasi untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama dari hasil diskusi dengan mandiri
B. Teks Bacaan
Cabang-cabang ilmu sains erdapat 5 cabang ilmu pengetahuan alam yaitu biologi, fisika, astronomi, kimia dan ilmu bumi. Berikut penjelasan singkat mengenai 5 cabang utaman dalam IPA atau sains.
Biologi adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang organisme hidup,perkembangbiakannya, dan interaksinya. Cabang biologi adalah zoology, botani,genetika,ekologi, biologi kelautan, dan biokimia.
Fisika adalah cabang ilmu alam yang berkaitan dengan studi sifat dan interaksi waktu ruang energy dan materi fisika adalah mempelajari tentang bagaimana alam terbentuk dan hubungan berbagai bidang alam.
Kimia adalah cabang IPA, yang berkaiatan dengan komposisi zat,unsur, sifat dan reaksinya.kimia adalah sutdi tentang materi dan interaksinya dengan energy dan materi itu sendiri.
Astronomi adalah cabang sains yang memepelajri tentang benda langit dan fenomena yang berasal dari luar atmosfer bumi. Benda langit eliputi bintang, komet,planet, dan galaksi.fenomena di luar angkasa seperti latar belakang radiasi kosmik.
Geologi adalah ilmu bumi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan perkembangannya. Ilmu bumi mencakup system cuaca dan iklim, serta studi tentang benda mati seperti lautan,batu dan planet.ilmu ini berkaitan dengan aspek fisik bumi,seperti pembentukan,struktur,dan fenimena terkait.
C. Petanyaan PenelitianB
Buatlah suatu pertanyaan seputar bacaan atau video yang disajikan agar lebih memahami masalah yang muncul.
D. Alat dan Bahan
1. Kertas plano
2. Spidol
3. Lem
E. Cara Kerja
Lakukan sesuai petunjuk berikut!
1. Bacalah buku IPA halaman 1 - 6.
2. Buatlah mind mapping tentang cabang-cabang sains.
3. Tulislah pengertian dari masing-masing cabang IPA tersebut.
4. Tuliskan pula nama tokoh ilmuwan dari masing-masing cabang IPA .
F. Pertanyaan-pertanyaan
Setelah kalian mendiskusikan dan membuat mind mapping, Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apakah akibat dari penemuan diatas dapat mengubah kehidupan manusia (bisa di bidang sosial, ekonomi atau lingkungan)?
2. Mengapa penemuan
tersebut penting? Apakah
ada akibat yang negatif/ tidak
baik?
3. Adakah ilmuwan
dari Indonesia? Penemuan
apa yang telah ditemukan?
Comments
Post a Comment