Skip to main content

TUGAS PRAKTEK PESAWAT SEDERHANA "MINIATUR JEMBATAN GERAK"

 MINIATUR JEMBATAN GERAK

        Salah satu materi IPA di Kelas 8 Semester 1 adalah Pesawat Sederhana. Materi ini telah  dipelajari oleh peserta didik SMPN 6 Mataram melalui serangkaian kegiatan belajar seperti praktek sederhana di laboratorium, dengan mendemonstrasikan prinsip kerja dari  tuas, katrol dan bidang miring. Peserta didik juga diberikan latihan soal untuk mengukur pemahaman terhadap materi dan diakhiri dengan pemberian tugas tentang  pembuatan produk miniatur "Jembatan Gerak " yang bekerja dengan memanfaatkan prinsip katrol. Pembuatan produk tersebut merupakan bagian dari penilaian kinerja peserta didik yang berfokus pada hasil karya atau produk.

        Jembatan gerak atau movable bridge adalah jembatan yang dapat bergerak untuk memungkinkan benda-benda tinggi seperti kapal layar melintasinya. Jembatan ini berbeda dengan jembatan pada umumnya karena badan jembatan dapat dinaikkan dan diturunkan sesuai kebutuhan. Hal ini dapat menjadi daya tarik bagi peserta didik. 

        Pembuatan Miniatur  Jembatan Gerak ini menggunakan alat dan bahan sederhana yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar peserta didik. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan seperti kardus, gunting/cutter, lem tembak/UHU, benang kasur, penggaris, tusuk sate, sedotan dan cat warna.
  2. Mengukur kardus sesuai bentuk dan ukuran badan jembatan,  tiang jembatan dan katrol.
  3. Merangkai potongan kardus untuk membentuk jembatan gerak.
  4. Mengecat rangkaian jembatan gerak yang telah terbentuk.

      Proses pembuatan Miniatur Jembatan Gerak ini diawali dengan pembentukan kelompok oleh Guru dan mengirimkan video dari you tube ke WA Grup. Peserta didik dapat bertanya  secara online berkaitan dengan tugas tersebut. Lalu peserta didik bersama kelompoknya masing-masing mempelajari video tersebut dan berbagi tugas untuk mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan.  Peserta didik diperkenankan membawa handphone dengan ketentuan satu handphone untuk satu kelompok untuk menonton tutorial saat praktek nantinya.

        Kegiatan praktek dilakukan di kelas dalam dua kali pertemuan. Berbagai aktifitas praktek dilakukan oleh peserta didik bersama kelompoknya, seperti mengukur panjang kardus yang diperlukan, menggunting kardus sesuai bentuknya, merangkai  potongan-potongan kardus serta mengecat. Peserta didik tampak antusias melakukan kegiatan  prakteknya. Terjadi kerjasama antar anggota kelompok, walaupun selama kegiatan praktek berlangsung tampak juga beberapa peserta didik belum terlibat secara aktif. Semua aktifitas peserta didik tersebut dalam pantauan dan menjadi bahan penilaian  guru selama kegiatan pembelajaran.  Akhirnya sebuah miniatur Jembatan Gerak berhasil dibuat oleh peserta didik lalu dilanjutkan dengan kegiatan presentasi. 

            Inilah salah satu  miniatur Jembatan Gerak karya peserta didik:

        Nah, bagaimana karya peserta didik di atas,  sudah mirip bukan dengan jembatan gerak yang digunakan oleh masyarakat? 

          Beberapa dokumentasi kegiatan di atas adalah sebagai berikut:
















        Demikianlah tugas  proyek pesawat sederhana yang telah dilakukan oleh peserta didik di SMP Negeri 6 Mataram, Lombok. Kegiatan  di atas menjadi penunjang yang mendukung pembelajaran IPA di kelas karena peserta didik mendapatkan relevansi dan kebermaknaan  dari materi yang mereka pelajari dengan kehidupan di sekitarnya, di samping dapat meningkatkan ketrampilan dan  motivasi belajar peserta didik. Wassalam











Comments

Popular posts from this blog

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK CABANG-CABANG SAINS

  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK LKPD 1                       A. Tujuan:  Peserta didik mampu menyebutkan cabang-cabang ilmu sains disertai bidang yang dipelajari setelah literasi dan membuat mind maping tentang cabang ilmu sains dengan mandiri Peserta didik mampu mengumpulkan dan menyajikan informasi    untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama dari hasil diskusi dengan mandiri  B. Teks Bacaan Cabang-cabang ilmu sains  erdapat 5 cabang ilmu pengetahuan alam yaitu biologi, fisika, astronomi, kimia dan ilmu bumi. Berikut penjelasan singkat mengenai 5 cabang utaman dalam IPA atau sains. Bi ologi adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang organisme hidup,perkembangbiakannya, dan interaksinya. Cabang biologi adalah zoology, botani,genetika,ekologi, biologi kelautan, dan  biokimia. F...

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)