Skip to main content

CARA MENGATASI PENCEMARAN LINGKUNGAN: POC (PUPUK ORGANIK CAIR), SAHABAT TANAH DAN SAHABAT TANAMAN

     


        Mengelola sampah untuk saat ini harus segera dilakukan demi kehidupan manusia yang lebih baik di masa-masa mendatang. Suatu hal yang patut disyukuri, saat ini banyak sekali komunitas atau individu yang mulai tergerak untuk mengelola sampahnya sendiri baik secara perorangan maupun  bersama-sama. Namun dalam skala yang  lebih luas, gerakan ini masih terbilang kecil dibandingkan dengan kebiasaan masyarakat yang belum banyak mengalami perubahan dalam menjaga lingkungan dari sampah yang dihasilkannya sendiri. Hal inilah yang harus segera diupayakan, meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mengelola sampahnya. 

    Peran serta sekolah menjadi sangat penting, menjadi pusat perubahan melalui peserta didik yang mengenyam pendidikan di sekolah. Kegiatan  pembelajaran yang berlangsung dapat  didesain dengan mengikutsertakan kepedulian peserta didik untuk mengelola sampah, misalnya dengan melakukan praktek pembuatan kompos atau pupuk organik cair  (POC), khususnya pada  mata pelajaran IPA. Pada materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya yang diajarkan di kelas VII pada semester satu atau pada materi Pencemaran Lingkungan pada semester dua, kegiatan praktek di atas sangat tepat untuk dikenalkan kepada peserta didik. Kegiatan praktek ini menjadi wujud pembelajaran yang  bermakna bagi guru dan  peserta didik. 

    Kompos dan POC membutuhkan waktu  berminggu-minggu dalam proses pembuatannya, sehingga praktek ini dapat dijadikan tugas proyek bagi peserta didik baik secara berkelompok atau perorangan. Proses pembuatannya sederhana,  alat dan bahan yang mudah diperoleh sehingga peserta didik dapat dengan mudah mempraktekkannya.

   Pada kesempatan ini, mari kita berkenalan dengan POC (Pupuk Organik Cair)!  Pupuk Organik Cair yaitu jenis pupuk berbentuk cair, tidak padat, mudah larut dalam tanah dan membawa hara yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Berikut ini contoh proses pembuatan POC.  Selamat menyaksikan!


    Sederhana bukan proses pembuatan  pupuk organik cair (POC)?   

    Semoga dapat diteruskan kepada peserta didik kita. Diharapkan melalui  tugas proyek ini akan memunculkan kepedulian peserta didik terhadap permasalahan sampah di lingkungan di sekitarnya. Bersama-sama kita wujudkan lingkungan yang lebih baik. Insya Allah, bisa! 

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS PRAKTEK PESAWAT SEDERHANA "MINIATUR JEMBATAN GERAK"

 MINIATUR JEMBATAN GERAK           Salah satu materi IPA di Kelas 8 Semester 1 adalah Pesawat Sederhana. Materi ini telah  dipelajari oleh peserta didik SMPN 6 Mataram melalui serangkaian kegiatan belajar seperti praktek sederhana di laboratorium, dengan mendemonstrasikan prinsip kerja dari  tuas, katrol dan bidang miring. Peserta didik juga diberikan latihan soal untuk mengukur pemahaman terhadap materi dan diakhiri dengan pemberian tugas tentang  pembuatan produk miniatur "Jembatan Gerak " yang bekerja dengan memanfaatkan prinsip katrol. Pembuatan produk tersebut merupakan bagian dari penilaian kinerja peserta didik yang berfokus pada hasil karya atau produk.           Jembatan gerak atau movable bridge adalah  jembatan yang dapat bergerak untuk memungkinkan benda-benda tinggi seperti kapal layar melintasinya. Jembatan ini berbeda dengan jembatan pada umumnya karena badan jembatan dapat dinaikkan dan ...

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)  

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK CABANG-CABANG SAINS

  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK LKPD 1                       A. Tujuan:  Peserta didik mampu menyebutkan cabang-cabang ilmu sains disertai bidang yang dipelajari setelah literasi dan membuat mind maping tentang cabang ilmu sains dengan mandiri Peserta didik mampu mengumpulkan dan menyajikan informasi    untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama dari hasil diskusi dengan mandiri  B. Teks Bacaan Cabang-cabang ilmu sains  erdapat 5 cabang ilmu pengetahuan alam yaitu biologi, fisika, astronomi, kimia dan ilmu bumi. Berikut penjelasan singkat mengenai 5 cabang utaman dalam IPA atau sains. Bi ologi adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang organisme hidup,perkembangbiakannya, dan interaksinya. Cabang biologi adalah zoology, botani,genetika,ekologi, biologi kelautan, dan  biokimia. F...