Skip to main content

CARA MENGATASI PENCEMARAN LINGKUNGAN: POC (PUPUK ORGANIK CAIR), SAHABAT TANAH DAN SAHABAT TANAMAN

     


        Mengelola sampah untuk saat ini harus segera dilakukan demi kehidupan manusia yang lebih baik di masa-masa mendatang. Suatu hal yang patut disyukuri, saat ini banyak sekali komunitas atau individu yang mulai tergerak untuk mengelola sampahnya sendiri baik secara perorangan maupun  bersama-sama. Namun dalam skala yang  lebih luas, gerakan ini masih terbilang kecil dibandingkan dengan kebiasaan masyarakat yang belum banyak mengalami perubahan dalam menjaga lingkungan dari sampah yang dihasilkannya sendiri. Hal inilah yang harus segera diupayakan, meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mengelola sampahnya. 

    Peran serta sekolah menjadi sangat penting, menjadi pusat perubahan melalui peserta didik yang mengenyam pendidikan di sekolah. Kegiatan  pembelajaran yang berlangsung dapat  didesain dengan mengikutsertakan kepedulian peserta didik untuk mengelola sampah, misalnya dengan melakukan praktek pembuatan kompos atau pupuk organik cair  (POC), khususnya pada  mata pelajaran IPA. Pada materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya yang diajarkan di kelas VII pada semester satu atau pada materi Pencemaran Lingkungan pada semester dua, kegiatan praktek di atas sangat tepat untuk dikenalkan kepada peserta didik. Kegiatan praktek ini menjadi wujud pembelajaran yang  bermakna bagi guru dan  peserta didik. 

    Kompos dan POC membutuhkan waktu  berminggu-minggu dalam proses pembuatannya, sehingga praktek ini dapat dijadikan tugas proyek bagi peserta didik baik secara berkelompok atau perorangan. Proses pembuatannya sederhana,  alat dan bahan yang mudah diperoleh sehingga peserta didik dapat dengan mudah mempraktekkannya.

   Pada kesempatan ini, mari kita berkenalan dengan POC (Pupuk Organik Cair)!  Pupuk Organik Cair yaitu jenis pupuk berbentuk cair, tidak padat, mudah larut dalam tanah dan membawa hara yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Berikut ini contoh proses pembuatan POC.  Selamat menyaksikan!


    Sederhana bukan proses pembuatan  pupuk organik cair (POC)?   

    Semoga dapat diteruskan kepada peserta didik kita. Diharapkan melalui  tugas proyek ini akan memunculkan kepedulian peserta didik terhadap permasalahan sampah di lingkungan di sekitarnya. Bersama-sama kita wujudkan lingkungan yang lebih baik. Insya Allah, bisa! 

Comments

Popular posts from this blog

LKPD. PENGERTIAN GERAK DAN JENIS-JENIS GERAK KELAS 7

  GERAK BENDA   LKPD 1. Pengertian Gerak dan Jenis-jenis Gerak Tujuan Pembelajaran: 1.       Menjelaskan pengertian gerak 2.      Membedakan jenis gerak berdasarkan lintasaannya. 3.      Mengidentifikasi besaran-besaran yang terdapat pada benda yang bergerak 4.      Mengelompokkan gerak berdasrkan kecepatannya 5.      Menyusun kesimpulan   Isilah titik-titik di bawah ini! 1.         1.  Bapak mengendarai motor menuju kantornya seperti gambar berikut!                          Berdasarkan gambar di atas dapat dikatakan : a)        Motor disebut bergerak jika titik acuannya …. b)        Bapak disebut bergerak jika titik acuannya …. c)        Kantor disebut bergerak jika titik acuannya .… Berdasarkan jawabanmu di atas, benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan … terhadap .... d)        Motor bergerak pada lintasan lurus sehingga dinamakan   gerak …. e)        Speedometer pada motor berfungsi untuk mengukur …. f)         Besaran- besaran lain

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)  

LKPD TRUKTUR TUMBUHAN

  STRUKTUR ANATOMI AKAR TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL   A.     Tujuan             : Mengamati perbedaan struktur akar tumbuhan monokotil dan dikotil   B.      Rumusan Masalah        : ………………………………………………………   C.      Alat dan Bahan: 1.       Preparat awetan akar monokotil 2.       Preparat awetan akar dikotil 3.       Mikroskop dan perlengkapannya   D.     Cara Kerja 1.       Amatilah preparat akar monokotil menggunakan mikroskop dengan pembesaran yang lemah. 2.       Amatilah struktur dan letak setiap jaringan penyusun akar monokotil. 3.       Dengan pembesaran yang lebih kuat, amatilah detail struktur anatomi akar. Temukan jaringan epidermis, korteks, endodermis dan stele (xylem dan floem). 4.       Buatlah gambar dan lengkapilah bagian-bagiannya. 5.       Ulangi langkah 1 – 4 untuk mengamati akar dikotil.   E.      Hasil Pengamatan Tabel. Struktur Akar Tumbuhan Monokotil dan Dikotil No. Jenis Akar Tumbuhan Gambar An