Skip to main content

KEMAGNETAN DAN PEMANFAATANNYA: GAYA LORENTZ

Simaklah video tentang Gaya Lorentz berikut ini!



        Percobaan di atas menunjukkan adanya gaya Lorentz, bahwa kawat berarus listrik yang berada di dalam medan magnet akan mengalami suatu gaya sehingga kawat tampak bergerak. Besarnya gaya Lorentz ini dipengaruhi oleh panjang kawat berarus, kuat arus listrik besarnya medan magnet, sehingga dapat ditulis dalam suatu persamaan :

                                        F = B.I.l
       dengan : F = gaya Lorentz  (N)
                             B = medan magnet (T)
                             I  =  kuat arus listrik (A)
                             l  = panjang kawat (m)

       Untuk menentukan arah gaya Lorentz, dapat dilakukan dengan kaidah tangan kanan. Perhatikan gambar berikut:


    
Contoh soal: 
  1. Gaya Lorentz yang dialami oleh sebuah penghantar adalah 16 N. Jika besarnya medan magnet dan kuat arus berturut-turut adalah 20 tesla dan 400 mA, maka tentukanlah panjang kawat penghantar tersebut! 
          Penyelesaian : 
          Diketahui: F = 16 N, B = 20 T, I = 400 mA = 400/1000 A = 0,4 A
          Ditanya   : l  = ...? 
          Jawab      : 
                            F      = B x I x L
                            16 N = 20 T x 0,4 A x L
                            16 N = 8 TA x L
                                L  = 16/8 
                                L  = 2 m
    2. Jika arah garis gaya magnet ke atas, dan arah kuat arus listrik ke utara, kemanakah arah gaya                 Lorentz?
         Jawab: sesuai dengan kaidah tangan kanan maka arah gaya Lorentz ke barat.

    Apakah alat yang digunakan oleh manusia yang menerapkan prinsip gaya Lorentz?Motor listrik merupakan alat yang bekerja dengan prinsip gaya Lorentz. Motor listrik ini digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Beberapa motor listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya motor listrik pada kipas angin berfungsi untuk menggerakkan baling-baling.
        Motor listrik memiliki beberapa komponen, diantaranya magnet tetap dan kumparan. Jika arus listrik yang mengalir pada kumparan yang terletak dalam medan magnet, maka kumparan tersebut akan mengalami gaya Lorentz sehingga kumparan akan berputar.


Comments

Popular posts from this blog

TUGAS PRAKTEK PESAWAT SEDERHANA "MINIATUR JEMBATAN GERAK"

 MINIATUR JEMBATAN GERAK           Salah satu materi IPA di Kelas 8 Semester 1 adalah Pesawat Sederhana. Materi ini telah  dipelajari oleh peserta didik SMPN 6 Mataram melalui serangkaian kegiatan belajar seperti praktek sederhana di laboratorium, dengan mendemonstrasikan prinsip kerja dari  tuas, katrol dan bidang miring. Peserta didik juga diberikan latihan soal untuk mengukur pemahaman terhadap materi dan diakhiri dengan pemberian tugas tentang  pembuatan produk miniatur "Jembatan Gerak " yang bekerja dengan memanfaatkan prinsip katrol. Pembuatan produk tersebut merupakan bagian dari penilaian kinerja peserta didik yang berfokus pada hasil karya atau produk.           Jembatan gerak atau movable bridge adalah  jembatan yang dapat bergerak untuk memungkinkan benda-benda tinggi seperti kapal layar melintasinya. Jembatan ini berbeda dengan jembatan pada umumnya karena badan jembatan dapat dinaikkan dan ...

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK CABANG-CABANG SAINS

  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK LKPD 1                       A. Tujuan:  Peserta didik mampu menyebutkan cabang-cabang ilmu sains disertai bidang yang dipelajari setelah literasi dan membuat mind maping tentang cabang ilmu sains dengan mandiri Peserta didik mampu mengumpulkan dan menyajikan informasi    untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama dari hasil diskusi dengan mandiri  B. Teks Bacaan Cabang-cabang ilmu sains  erdapat 5 cabang ilmu pengetahuan alam yaitu biologi, fisika, astronomi, kimia dan ilmu bumi. Berikut penjelasan singkat mengenai 5 cabang utaman dalam IPA atau sains. Bi ologi adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang organisme hidup,perkembangbiakannya, dan interaksinya. Cabang biologi adalah zoology, botani,genetika,ekologi, biologi kelautan, dan  biokimia. F...

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)