Skip to main content

PEMANFAATAN MEDAN MAGNET BUMI PADA MIGRASI HEWAN



Tugas Kelompok:

  1. Bacalah materi Pemanfaatan Medan Magnet Bumi pada Migrasi Hewan pada buku  Bahan Ajar IPA halaman 3 - 5 atau Buku Paket IPA halaman 3 - 7 atau link berikut: https://raihanimaknah.blogspot.com/2022/01/pemanfaatan-medan-magnet-bumi-pada.html atau sumber belajar lainnya! 
  2. Pilihlah salah satu dari hewan berikut yang memanfaatkan medan magnet bumi pada saat bermigrasi, yakni penyu atau  ikan salmon atau ikan paus atau  burung  atau lobster duri atau bakteri!
  3. Buatlah sebuah peta konsep tentang migrasi hewan tersebut dengan ketentuan-ketentuan berikut ini!
  • Buatlah peta konsep yang menarik dan rapi untuk menggugah semangatmu  belajar!  Diskusikan bentuk peta konsepmu terlebih dahulu dengan anggota kelompokmu! Atau carilah informasi bentuk peta konsep yang menarik di internet!
  • Gunakan gambar hewan sebagai pusat (berada di tengah-tengah peta konsep)!  Berilah keterangan di sekitar gambar hewan  yang terdiri dari tujuan migrasi, lama migrasi, jarak tempuh migrasi, jalur migrasi serta cara hewan bermigrasi dengan  memanfaatkan medan magnet bumi! 
  • Buatlah peta konsep tersebut pada buku gambar ukuran A4 atau kertas manila! Gunakan tulisan yang agak besar, kombinasi warna  dan hiasan seperlunya! 
  • Cantumkan referensi atau link yang digunakan sebagai sumber belajarmu! Letakkan referensi atau link tersebut di pojok kiri  bawah peta konsepmu!

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS PRAKTEK PESAWAT SEDERHANA "MINIATUR JEMBATAN GERAK"

 MINIATUR JEMBATAN GERAK           Salah satu materi IPA di Kelas 8 Semester 1 adalah Pesawat Sederhana. Materi ini telah  dipelajari oleh peserta didik SMPN 6 Mataram melalui serangkaian kegiatan belajar seperti praktek sederhana di laboratorium, dengan mendemonstrasikan prinsip kerja dari  tuas, katrol dan bidang miring. Peserta didik juga diberikan latihan soal untuk mengukur pemahaman terhadap materi dan diakhiri dengan pemberian tugas tentang  pembuatan produk miniatur "Jembatan Gerak " yang bekerja dengan memanfaatkan prinsip katrol. Pembuatan produk tersebut merupakan bagian dari penilaian kinerja peserta didik yang berfokus pada hasil karya atau produk.           Jembatan gerak atau movable bridge adalah  jembatan yang dapat bergerak untuk memungkinkan benda-benda tinggi seperti kapal layar melintasinya. Jembatan ini berbeda dengan jembatan pada umumnya karena badan jembatan dapat dinaikkan dan ...

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)  

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK CABANG-CABANG SAINS

  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK LKPD 1                       A. Tujuan:  Peserta didik mampu menyebutkan cabang-cabang ilmu sains disertai bidang yang dipelajari setelah literasi dan membuat mind maping tentang cabang ilmu sains dengan mandiri Peserta didik mampu mengumpulkan dan menyajikan informasi    untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama dari hasil diskusi dengan mandiri  B. Teks Bacaan Cabang-cabang ilmu sains  erdapat 5 cabang ilmu pengetahuan alam yaitu biologi, fisika, astronomi, kimia dan ilmu bumi. Berikut penjelasan singkat mengenai 5 cabang utaman dalam IPA atau sains. Bi ologi adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang organisme hidup,perkembangbiakannya, dan interaksinya. Cabang biologi adalah zoology, botani,genetika,ekologi, biologi kelautan, dan  biokimia. F...