Skip to main content

LKPD. PENGERTIAN GERAK DAN JENIS-JENIS GERAK KELAS 7

 

GERAK BENDA

 

LKPD 1. Pengertian Gerak dan Jenis-jenis Gerak

Tujuan Pembelajaran:

1.      Menjelaskan pengertian gerak

2.     Membedakan jenis gerak berdasarkan lintasaannya.

3.     Mengidentifikasi besaran-besaran yang terdapat pada benda yang bergerak

4.     Mengelompokkan gerak berdasrkan kecepatannya

5.     Menyusun kesimpulan

 

Isilah titik-titik di bawah ini!

1.        1. Bapak mengendarai motor menuju kantornya seperti gambar berikut!       



                Berdasarkan gambar di atas dapat dikatakan :

a)       Motor disebut bergerak jika titik acuannya ….

b)       Bapak disebut bergerak jika titik acuannya ….

c)       Kantor disebut bergerak jika titik acuannya .…

Berdasarkan jawabanmu di atas, benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan … terhadap ....

d)       Motor bergerak pada lintasan lurus sehingga dinamakan  gerak ….

e)       Speedometer pada motor berfungsi untuk mengukur ….

f)        Besaran- besaran lainnya yang dapat diukur pada bergerak yaitu …, …, …, dan ….

2.       Saat benda bergerak, kecepatan benda berubah-ubah, seperti gambar di bawah.

 

         


 

Pada lintasan A-B kecepatan sepeda bertambah, pada lintasan B-C kecepatan sepeda tetap, dan pada lintasan C-D kecepatan sepeda berkurang. Berdasarkan gambar di atas, isilah titik-titik pada tabel berikut!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel jenis gerak benda

No.

Peristiwa

Perubahan kecepatan yang terjadi

Jenis gerak  (*)

1.        

  

 


            Buah jatuh dari pohonnya

 

 

 

 

 

 

 

 

2.        

 




Langkah tegak pasukan baris berbaris

3.

 




     Gerak mobil saat traffic light berwarna merah

 

 

          4.

   

   


 

 

 

Keterangan (**) = pilih: GLB = Gerk Lurus Beraturan atau GLBB dipercepat atau GLBB diperlambat, GLBB = Gerak Lurus Berubah Beraturan)

 

3.          Benda yang bergerak dengan kecepatan tetap disebut …, sedangkan benda yang bergerak dengan kecepatan yang berubah-ubah  disebut …. Apabila kecepatan benda semakin besar disebut …, sedangkan apabila kecepatan benda semakin kecil disebut ….

4.          Kesimpulan yang diperoleh antara lain:

a.        Gerak adalah perubahan kedudukan terhadap titik acuan

b.       ….

c.        ….

d.       ….

 

Cloud Callout: Gerakkan tubuhmu dengan penuh semangat! Selamat bekerja!
 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS PRAKTEK PESAWAT SEDERHANA "MINIATUR JEMBATAN GERAK"

 MINIATUR JEMBATAN GERAK           Salah satu materi IPA di Kelas 8 Semester 1 adalah Pesawat Sederhana. Materi ini telah  dipelajari oleh peserta didik SMPN 6 Mataram melalui serangkaian kegiatan belajar seperti praktek sederhana di laboratorium, dengan mendemonstrasikan prinsip kerja dari  tuas, katrol dan bidang miring. Peserta didik juga diberikan latihan soal untuk mengukur pemahaman terhadap materi dan diakhiri dengan pemberian tugas tentang  pembuatan produk miniatur "Jembatan Gerak " yang bekerja dengan memanfaatkan prinsip katrol. Pembuatan produk tersebut merupakan bagian dari penilaian kinerja peserta didik yang berfokus pada hasil karya atau produk.           Jembatan gerak atau movable bridge adalah  jembatan yang dapat bergerak untuk memungkinkan benda-benda tinggi seperti kapal layar melintasinya. Jembatan ini berbeda dengan jembatan pada umumnya karena badan jembatan dapat dinaikkan dan ...

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK CABANG-CABANG SAINS

  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK LKPD 1                       A. Tujuan:  Peserta didik mampu menyebutkan cabang-cabang ilmu sains disertai bidang yang dipelajari setelah literasi dan membuat mind maping tentang cabang ilmu sains dengan mandiri Peserta didik mampu mengumpulkan dan menyajikan informasi    untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama dari hasil diskusi dengan mandiri  B. Teks Bacaan Cabang-cabang ilmu sains  erdapat 5 cabang ilmu pengetahuan alam yaitu biologi, fisika, astronomi, kimia dan ilmu bumi. Berikut penjelasan singkat mengenai 5 cabang utaman dalam IPA atau sains. Bi ologi adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang organisme hidup,perkembangbiakannya, dan interaksinya. Cabang biologi adalah zoology, botani,genetika,ekologi, biologi kelautan, dan  biokimia. F...

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)