Skip to main content

ASSESMENT FORMATIF PEWARISAN SIFAT KELAS IX

 

Pilihlah jawaban yang benar!

1.   Jenis kromosam yang menjadi penentu jenis kelamin suatu individu adalah ....

a.       diploid                   b. auotosom                 c. haploid                    d. gonosom

2.      Bahan dasar DNA adalah ....

a.       gula, basa nitrogen dan guanin

b.      gula, fosfat, dan basa nitrogen

c.       fosfat, sitosin dan timin

d.      adenin, timin dan basa nitrogen

3.      Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penurunan sifat adalah ....

A. karsinologi              b. genetika                   c. zoologi                     d. mikrobiologi

4.      Berikut yang bukan alasan Mendel menggunakan kacang kapri sebagai tanaman percobaannya adalah ....

a.       memiliki daur hidup yang panjang

b.      dapat melakukan penyerbukan sendiri

c.       memiliki sifat yang kontras

d.      menghasilkan keturunan dalam jumlah yang banyak

5.      Dalam suatu persilangan, sifat resesif tidak nampak pada fenotipe keturunannya jika ....

a.       gen resesif hilang

b.      gen resesif berkurang

c.       gen resesif berpasangan dengan gen dominan \

d.      gen dominan bertambah

6.      Tanaman kapri berbunga ungu disilangkan dengan kapri berbunga putih. Ketrurnan pertama (F1) yang dihasilkan dari persilangan tersebut 100% berupa kapri berbunga ungu. Hal tersebut menunjukkan bahwa ....

A.    sifat putih intermediat terhadap merah

B.     sifat putih resesif terhadap ungu

C.     sifat ungu intermediat terhapa putih

D.    sifat ungu resesif terhadap putih

7.      MM dan mm adalah conroh dari ....

a.       gen                        b. genotipe                  c. Fenotipe                  d. Kromosom

8.      Sifat warna bunga merah dan bentuk biji lonjong merupakan contoh ....

a.       gen                                    b. genotipe                  c. Fenotipe                  d. Kromosom

9.      Pada  suatu persilangan, induk atau orang tua disebut ....

a.       filial                       b. alel                           c. Intermediat              d. parental

10.  Seekor kucing berbulu hitan (HH) dominan terhadap kucing berbulu putih (hh). Jika kedua kucing tersebut disilangkan, maka pada F1 semuanya bergenotipe ...

a.       HH                        b. Hh                           c. Hh                           d. HH dan hh

11.  Apabila persilangan antara bunga warna merah (MM) dengan bunga warna putih (mm) menghasilkan F1 bunga berwarna merah muda, maka ketrurunan tersebut dikatakan ....

a.       intermediat                        b. resesif                      c. homozigot               d.dominan

12.  Berikut penyakit yang terpaut kromosom tubuh adalah ....

a.       hemofilia               b. buta warna              c. hipertrikosis             d. albino

 

13.  Seorang laki-laki albino (aa) menikah dengan seorang wanita normal heterozigot (Aa),  maka persentase ketrunannya yang menderita albina adalah ....

a.       25%                       b. 50%                         c. 75%                         d. 100%

14.  Berikut yang bukan sifat unggul dari sapi PO adalah ....

a.       aktivitas reproduksi induk yang lama untuk normal kembali

b.      memiliki tenaga yang kuat

c.       memiliki kualitas semen yang baik

d.      mempunyai kemampuan adaptasi yang tinggi

15.  Berikut yang bukan sifat unggul padi hibrida adalah ....

a.       dapat bertahan hidup pada kondisi tanah yang kering

b.      tahan terhadap hama tungro

c.       masa panen lebih lama

d.      beras lebih pulen

 

Jawablah dengan tepat!

1.      Jelaskan perbedaan  persilangan monohibrid dominan penuh dengan monohibrid dominan tidak penuh?

2.      Carilah perbandingan genotipe dan fenotipe F2 hasil persilangan antara tanaman kacang kapri berbiji bulat (dominan) terhadap kacang kapri berbiji keriput (resesif)!

3.      Seorang petani mempunyai dua pohon mangga. Pohon I mempunyai sifat berbuah jarang dan rasanya manis (llMM), sedangkan pon II berbuah lebat dan rasanya asam (LLmm). Persilangan antara kedua pohon mangga tersebut menghasilkan keturunan pertama (F1) seluruhnya pohon mangga berbuah lebat dan rasanya manis. Buatlah bagan persilangannya hingga ditemukan perbandingan genotipe dan fenotipe F2!

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS PRAKTEK PESAWAT SEDERHANA "MINIATUR JEMBATAN GERAK"

 MINIATUR JEMBATAN GERAK           Salah satu materi IPA di Kelas 8 Semester 1 adalah Pesawat Sederhana. Materi ini telah  dipelajari oleh peserta didik SMPN 6 Mataram melalui serangkaian kegiatan belajar seperti praktek sederhana di laboratorium, dengan mendemonstrasikan prinsip kerja dari  tuas, katrol dan bidang miring. Peserta didik juga diberikan latihan soal untuk mengukur pemahaman terhadap materi dan diakhiri dengan pemberian tugas tentang  pembuatan produk miniatur "Jembatan Gerak " yang bekerja dengan memanfaatkan prinsip katrol. Pembuatan produk tersebut merupakan bagian dari penilaian kinerja peserta didik yang berfokus pada hasil karya atau produk.           Jembatan gerak atau movable bridge adalah  jembatan yang dapat bergerak untuk memungkinkan benda-benda tinggi seperti kapal layar melintasinya. Jembatan ini berbeda dengan jembatan pada umumnya karena badan jembatan dapat dinaikkan dan ...

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK CABANG-CABANG SAINS

  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK LKPD 1                       A. Tujuan:  Peserta didik mampu menyebutkan cabang-cabang ilmu sains disertai bidang yang dipelajari setelah literasi dan membuat mind maping tentang cabang ilmu sains dengan mandiri Peserta didik mampu mengumpulkan dan menyajikan informasi    untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama dari hasil diskusi dengan mandiri  B. Teks Bacaan Cabang-cabang ilmu sains  erdapat 5 cabang ilmu pengetahuan alam yaitu biologi, fisika, astronomi, kimia dan ilmu bumi. Berikut penjelasan singkat mengenai 5 cabang utaman dalam IPA atau sains. Bi ologi adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang organisme hidup,perkembangbiakannya, dan interaksinya. Cabang biologi adalah zoology, botani,genetika,ekologi, biologi kelautan, dan  biokimia. F...

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)