Skip to main content

MODUL AJAR IPA SUHU BENDA

 

MODUL AJAR IPA

INFORMASI UMUM PERANGKAT AJAR

  1. Nama Penulis               :  Raihani, S.Pd.

Instansi                          :  SMPN 6 Mataram

Tahun                            :  2022/2023

  1. Jenjang Sekolah            :  SMP
  2. Kelas                              : . VII
  3. Alokasi Waktu               :  3 x 40 menit ( untuk satu pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

        Fase D
        Elemen : Pemahaman Sains dan Ketrampilan Proses
Capaian Pembelajaran:
Peserta mampu melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya (force), memahami hubungan konsep usaha dan energi, mengukur besaran suhu yang diakibatkan oleh energi kalor yang diberikan, sekaligus dapat membedakan isolator dan konduktor kalor

·         Tujuan Pembelajaran:
1.       Memahami  konsep suhu dengan benar
2.       Membedakan suhu benda melalui percobaan
Indikator Pencapaian Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik diharapkan dapat menyebutkan pengertian suhu dan  membaca skala suhu yang ditunjukkan oleh thermometer dengan benar

        Konsep Utama:  Suhu dan Termomter

KOMPETENSI AWAL

1)      Peserta didik belum pernah melakukan pengukuran suhu dengan thermometer. Setelah pembelajaran, peserta didik dapat mengukur suhu dengan thermometer.

2)      Peserta didik belum terlalu mengenal macam-macam satuan  suhu pada termometer. Setelah pembelajaran, peserta didik  dapat mengenal macam-macam satuan suhu pada termometer.

PROFIL PELAJAR PANCASILA

Berfikir kritis
Mandiri
Gotong royong

SARANA DAN PRASARANA

           Alat praktek (thermometer, gelas kimia, statif, air es, air biasa),  LCD, Laptop, Buku paket siswa

TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik regular maksimal 37 orang dan 1 orang ABK

MODEL PEMBELAJARAN:

Problem Based Learning (PBL)

METODE PEMBELAJARAN:

Eksperimen

MODA PEMBELAJARAN :

Luring

KOMPONEN INTI

Termometer, membaca skala hasil pengukuran suhu, dan konversi satuan-satuan suhu

PEMAHAMAN BERMAKNA

          Pelajar dapat mengamati fenomena suhu yang ada pada diri dan lingkungannya
     Pelajar dapat menyimpulkan pengaruh suhu dalam kehidupannya
   
Pelajar bekerja dalam kelompok untuk merancang prosedur percobaan, menganalisis hasil percobaan tentang pengukuran suhu.

PERTANYAAN PEMANTIK

     ·      Apa perbedaan kopi panas dengan kopi dingin?
·      Apa yang dilakukan oleh seorang dokter terhadap pasiennya untuk menentukan apakah pasiennya demam atau tidak? Alat ukur  yang digunakan seorang dokter tersebut?
·      Terbuat dari apakah thermometer itu?
·     
Bagaimanakah cara membuat thermometer sederhana?

URUTAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan ke satu:

Materi : Pengertian Suhu

Kegiatan Awal

1.   Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucap salam dan doa

2.   Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi pelajari di pertemuan sebelumnya.

-     Sebutkan karakteristik benda padat, benda cair dan benda gas?

-      Mengapa meja memiliki bentuk tetap dan volume tetap?

-      Pada saat air mendidih, perubahan wujud apakah yang terjadi?

-      Mengapa besi berkarat termasuk perubahan kimia?

3. Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaiannya.

Kegiatan inti

Orientasi Peserta didik pada Masalah

§  Salah seorang peserta didik diminta mencicipi kopi panas dan es teh .

§  Peserta didik menyampaikan hasil penginderaannya yang berkaitan dengan tingkat panas kedua minuman tersebut.

§  Peserta didik membuat pertanyaan berkaitan dengan kegiatan di atas, misalnya Mengapa tingkat panas air kopi dengan es the berbeda? Atau Bagaimanakah caranya mengukur tingkat panas suatu benda dengan tepat?

Mengorganisasikan Peserta didik untuk Belajar

§  Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok (tiap kelompok beranggotakan 6 - 7 orang)

§  Guru memberikan LKPD. Konsep Suhu  kepada masing-masing kelompok dan mempersilahkan peserta didik bertanya terkait LKPD tersebut sebelum kegiatan praktek dimulai.

Membimbing Penyelidikan

§  Peserta didik secara berkelompok melakukan  percobaan sesuai  LKPD. (berfikir kritis)

§  Setiap kelompok diberi waktu 30 menit untuk melakukan praktek

Menyusun hasil karya dan menyajikan hasil karya

§  Peserta didik secara kreatif menuliskan hasil percobaan dalam bentuk narasi.

§  Salah satu kelompok mempresentasikan hasil percobaannya

Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

§  Peserta didik secara berkelompok menganalisis perbedaan air es, air keran dan air panas untuk merumuskan pengertian suhu.

§  Peserta didik mendapatkan feedback dari guru saat guru mengoreksi hasil analisisnya.

Kegiatan Akhir

   Peserta didik dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini

   Peserta didik menerima feedback atas hasil belajarnya.

ð        Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni Mengukur Suhu dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi tersebut di rumah.

REFLEKSI PENDIDIK

Guru menuliskan kegiatan pembelajaran berlangsung antara lain:

1.   Adakah kendala kesulitan guru saat melakukan pembelajaran hari ini?

2.   Bagaimana cara guru mengatasi kesulitan pembelajaran hari ini?

3.   Kalau belum mencapai tujuan pembelajaran apa cara yang dilakukan?

4.   Apa hal yang berbeda akan dilakukan guru pada saat pembelajaran berikutnya?

LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.    Bahan ajar

A.        Pengertian suhu

Selama masa pandemi covid 19, banyak kita jumpai di tempat-tempat umum dilakukan pengukuran suhu tubuh sebagai salah satu langkah antisipasi penyebaran covid

19. Hal ini dikarenakan salah satu ciri orang yang terinfeksi covid 19 akan mengalami kenaikan suhu tubuh.

gambar tentang pengecekan suhu menggunakan termogun

Suhu sebuah benda adalah tingkat (derajat) panas suatu benda. Benda yang panas ukuran derajatnya lebih tinggi daripada benda yang dingin1. Lalu bagaimana cara menentukan suhu? Dapatkah tangan kita digunakan untuk mengukur suhu? Amati gambar berikut ini!

 

 

Gelas A berisi air panas, gelas B berisi air biasa dalam suhu normal, dan gelas C berisi es batu. Jika tangan dicelupkan dalam wadah A, B, C secara bergantian, apakah yang kalian rasakan? Dapatkah tangan kita menentukan ukuran suhunya? Tangan kita dapat merasakan panas dan dingin, namun tidak dapat menentukan ukuran derajad suhu suatu zat. Suhu dapat diukur menggunakan termometer.

3)      Lembar Kerja Peserta Didik

SUHU 

Capaian Pembelajaran:

Peserta mampu melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya (force), memahami hubungan konsep usaha dan energi, mengukur besaran suhu yang diakibatkan oleh energi kalor yang diberikan, sekaligus dapat membedakan isolator dan konduktor kalor

 

Tujuan Pembelajaran:

Memahami konsep suhu

Membedakan suhu benda melalui percobaan

 

Orientasi Masalah

Suhu merupakan sesuatu untuk menyatakan derajat panas dinginnya suatu benda. Untuk mengetahui panas dinginnya suatu benda dapat menggunakan indara pada tangan kita. Mengukur panas dan dingin suatu benda dengan tangan dan perasaan tidak dapat mengukur suhu secara tepat, mengapa hal tersebut dapat terjadi? Sedangkan dengan mengunakan thermometer. Pengukuran akan lebih tepat barapa suhu suatu benda. Mengapa demikian?

Organisasi Belajar

Buatlah rumusam masalah (pertanyaan) yang berhubungan dengan uraian yang disajikan  di atas!

1.        …………………………………………………………………………………

2.       …………………………………………………………………………………..

Melakukan penyelidikan

Setelah melakukan kegiatan ini, peserta didik diharapkan dapat membedakan suhu benda

Tujuan:

Membedakan suhu benda dengan thermometer

Alat dan Bahan

1.        Gelas 3 buah

2.       Air panas secukupnya

3.       Air hangat secukupnya

4.       Air dingin secukupnya

5.       Thermometer

 Cara Kerja:

1.        Tuang ketiga air (air panas, air hangat dan air dingin)masing-masing ke gelas ang berbeda-beda

2.       Mintalah salah satu anggota kelompokmu memasukkanlah tanganmu secara bergiliran ke dalam air panas, air hangat dan air dingin! Bagaimana rasa tangan disentuh oleh ketia kondisi air itu? Tulislah hasilnya dalam tabel!

3.       Ulangi percobaan di atas oleh satu peserta didik yang berbeda.

4.       Mintalah dua peserta didik mengukur suhu ketiga air tersebut dengan termometer, lalu masukkan hasilnya pengukurannya ke dalam tabel di bawah ini!

Hasil Pengamatan

No.

Kondisi air

Hasil pengukuran suhu oleh …

Tangan 1

Tangan 2

Termometer 1

Termometer 2

1.

Air panas

 

 

 

 

2.

Air hangat

 

 

 

 

3.

Air dingin

 

 

 

 

 

Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

1.     Manakah pengukuran suhu yang paling tepat, dengan tangan atau thermometer?

2.     Mengapa demikian?

4)      Media pembelajaran

Buku guru dan buku siswa Kemdikbud, LKPD, Alat dan Bahan Percobaan

5)      Alat evaluasi (beserta kisi-kisinya)

No.

Kisi-kisi

Soal

1.

Peserta didik diharapkan dapat menentukan zat cair yang digunakan untuk mengisi termometer

Termometer yang umum digunakan adalah termometer zat cair dengan pengisi pipa kapilernya adalah ....

a. Air atau minyak

b. Raksa atau alkohol

c. Minyak atau air keras

 d. Raksa atau bensol

(skor = 50)

2.

Peserta didik diharapkan dapat menentukan ciri thermometer badan denga tepat

Berikut ini pernyataan yang tidak tepat terkait termometer suhu badan adalah ....

a. termometer suhu badan disebut dengan termometer klinis klinis atau termometer demam

b. termometer suhu harus didiamkan selama beberapa jam untuk mengembalikan raksa pada kedudukan asalnya dan dapat digunakan kembali

c. termometer suhu badan memiliki skala antara 35 sampai dengan 42 derajat celcius

d. pada termometer suhu badan terdapat pipa kapiler yang dibuat sangat kecil agar perubahan suhu tidak begitu besar dapat terlihat dengan jelas dan cepat diserap oleh raksa

(skor = 50)

PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Berdasarkan hasil evaluasi,

-          peserta didik diberikan kegiatan pengayaan apabila tuntas (Nilai = 100)

-          peserta didik diberikan pengayaan apabila tidak tuntas (Nilai 0 - 50)

BAHAN BACAAN PENDIDIK

Buku Guru dan sumber belajar lainnya

BAHAN BACAAN PESERTA DIDIK

Buku siswa dan sumber belajar lainnya

DAFTAR PUSTAKA

Dwi Hardani, Budiyanti, 2021. Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia

 

 

Mataram, Januari 2023

 

Mengetahui                                                                    

Kepala  SMPN 6 Mataram                                               Guru Mata Pelajaran

 

 

 

H.M. SIBAWAEH,  S.Pd.                                                  RAIHANI, S.Pd

NIP. 19631231 198612 1 036                                             NIP. 19720311 200501 2 014

 

Comments

Popular posts from this blog

LKPD. PENGERTIAN GERAK DAN JENIS-JENIS GERAK KELAS 7

  GERAK BENDA   LKPD 1. Pengertian Gerak dan Jenis-jenis Gerak Tujuan Pembelajaran: 1.       Menjelaskan pengertian gerak 2.      Membedakan jenis gerak berdasarkan lintasaannya. 3.      Mengidentifikasi besaran-besaran yang terdapat pada benda yang bergerak 4.      Mengelompokkan gerak berdasrkan kecepatannya 5.      Menyusun kesimpulan   Isilah titik-titik di bawah ini! 1.         1.  Bapak mengendarai motor menuju kantornya seperti gambar berikut!                          Berdasarkan gambar di atas dapat dikatakan : a)        Motor disebut bergerak jika titik acuannya …. b)        Bapak disebut bergerak jika titik acuannya …. c)        Kantor disebut bergerak jika titik acuannya .… Berdasarkan jawabanmu di atas, benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan … terhadap .... d)        Motor bergerak pada lintasan lurus sehingga dinamakan   gerak …. e)        Speedometer pada motor berfungsi untuk mengukur …. f)         Besaran- besaran lain

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)  

LKPD TRUKTUR TUMBUHAN

  STRUKTUR ANATOMI AKAR TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL   A.     Tujuan             : Mengamati perbedaan struktur akar tumbuhan monokotil dan dikotil   B.      Rumusan Masalah        : ………………………………………………………   C.      Alat dan Bahan: 1.       Preparat awetan akar monokotil 2.       Preparat awetan akar dikotil 3.       Mikroskop dan perlengkapannya   D.     Cara Kerja 1.       Amatilah preparat akar monokotil menggunakan mikroskop dengan pembesaran yang lemah. 2.       Amatilah struktur dan letak setiap jaringan penyusun akar monokotil. 3.       Dengan pembesaran yang lebih kuat, amatilah detail struktur anatomi akar. Temukan jaringan epidermis, korteks, endodermis dan stele (xylem dan floem). 4.       Buatlah gambar dan lengkapilah bagian-bagiannya. 5.       Ulangi langkah 1 – 4 untuk mengamati akar dikotil.   E.      Hasil Pengamatan Tabel. Struktur Akar Tumbuhan Monokotil dan Dikotil No. Jenis Akar Tumbuhan Gambar An