Skip to main content

ASSESMENT DIAGNOSIS KOGNITIF

 

ASSESMEN DIAGNOSIS KOGNITIF

MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

NAMA            :  .........................................

KELAS           :  VII

MATERI         : HAKEKAT IPA, METODE ILMIAH DAN PENGUKURAN

 Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

 

1.      Sebutkan 5 obyek yang ada di sekitarmu  yang dipelajari dalam sains (IPA)!

Jawab: ..............................................................................................................................

 

 

2.      Perhatikanlah pernyataan berikut!

            A. Sosiologi adalah  ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam bermasyarakat

            B. Ilmu fisika  adalah ilmu yang mempelajari dan membahas mengenai zat dan energi.

       C. Optika adalah cabang fisika yang menggambarkan perilaku dan sifat cahaya dan interaksi cahaya dengan materi.

            D. Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup 

        EEkonomi adalah ilmu yang mempelajari segala tingkah laku dan aktivitas manusia untuk mendapatkan sesuatu dengan sumber daya yang terbatas.


Berdasarkan pernyataan di atas, pilihlah  ilmu pengetahuan yang termasuk cabang dari ilmu Sains (IPA)? Tulislah  jawabanmu!

 

Jawab: ..............................................................................................................................


3.  Iluwan sains melakukan penelitian di laboratorium. Apakah perbedaan laboratorium IPA dengan ruang lainnya?

Jawab : …………………………………………………………………………………….

4.      Lengkapilah tabel berikut ini seperti contoh nomer 1 !

No.

Besaran

Satuan (dalam SI)

1.

Panjang

meter

2.

Waktu

3.

Volume

4.

Suhu

 

5.      Di antara gambar alat ukur di bawah ini,  yang  merupakan alat ukur panjang adalah  gambar no …, …, dan ….

No.

Gambar

No.

Gambar

A.

C.

B.

 


D.

 

Jawab: ………………………………………………………………………………….

 

6.      Perhatikan gambar di bawah!

 

Dari hasil penimbangan tersebut, besar massa benda P adalah ....

 

7.      Konversilah (ubahlah) satuan-satuan di bawah ini ke dalam satuan bakunya! Tulislah cara penyelsaiannya!

a)      2,4 km       = …  m

b)      1400 gram = … kg

 

Jawab:  a) ……………………………………………………………………

             b) ………………..

     

8.      Sebutkan enam langkah dalam metode ilmiah?

Jawab : ………………………………………………………………………..

 

9.      Perhatikan gambar berikut! Jika kalian akan melakukan penyelidikan seperti pada gambar, apakah tujuan percobaan dan hipotesis (dugaan sementara) berdasarkan pengamatan kalian? Ingatlah bahwa hipotesis didukung oleh alasan yang ilmiah.

 

          


 

Jawab: Tujuan Penyelidikan adalah  ..................................................................................................., Hipotesis (dugaan sementara) adalah .................................................................................... 

 

  1. Berikut adalah tabel hasil percobaan tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan biji kacang hijau:



Berdasarkan data hasil percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ....

Jawab : Pertumbuhan ……………………………………
           


Comments

Popular posts from this blog

LKPD. PENGERTIAN GERAK DAN JENIS-JENIS GERAK KELAS 7

  GERAK BENDA   LKPD 1. Pengertian Gerak dan Jenis-jenis Gerak Tujuan Pembelajaran: 1.       Menjelaskan pengertian gerak 2.      Membedakan jenis gerak berdasarkan lintasaannya. 3.      Mengidentifikasi besaran-besaran yang terdapat pada benda yang bergerak 4.      Mengelompokkan gerak berdasrkan kecepatannya 5.      Menyusun kesimpulan   Isilah titik-titik di bawah ini! 1.         1.  Bapak mengendarai motor menuju kantornya seperti gambar berikut!                          Berdasarkan gambar di atas dapat dikatakan : a)        Motor disebut bergerak jika titik acuannya …. b)        Bapak disebut bergerak jika titik acuannya …. c)        Kantor disebut bergerak jika titik acuannya .… Berdasarkan jawabanmu di atas, benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan … terhadap .... d)        Motor bergerak pada lintasan lurus sehingga dinamakan   gerak …. e)        Speedometer pada motor berfungsi untuk mengukur …. f)         Besaran- besaran lain

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)  

LKPD TRUKTUR TUMBUHAN

  STRUKTUR ANATOMI AKAR TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL   A.     Tujuan             : Mengamati perbedaan struktur akar tumbuhan monokotil dan dikotil   B.      Rumusan Masalah        : ………………………………………………………   C.      Alat dan Bahan: 1.       Preparat awetan akar monokotil 2.       Preparat awetan akar dikotil 3.       Mikroskop dan perlengkapannya   D.     Cara Kerja 1.       Amatilah preparat akar monokotil menggunakan mikroskop dengan pembesaran yang lemah. 2.       Amatilah struktur dan letak setiap jaringan penyusun akar monokotil. 3.       Dengan pembesaran yang lebih kuat, amatilah detail struktur anatomi akar. Temukan jaringan epidermis, korteks, endodermis dan stele (xylem dan floem). 4.       Buatlah gambar dan lengkapilah bagian-bagiannya. 5.       Ulangi langkah 1 – 4 untuk mengamati akar dikotil.   E.      Hasil Pengamatan Tabel. Struktur Akar Tumbuhan Monokotil dan Dikotil No. Jenis Akar Tumbuhan Gambar An