ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas : VII
Tahun Pelajaran : 2022/2023
Capaian Pembelajaran: Peserta mampu melakukan
pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui Memperhatikan detail yang relevan dari objek yang diamati. |
||||
Ruang Lingkup
Materi |
Kode |
Tujuan
Pembelajaran |
Profil Pelajar Pancasila |
Alokasi JP |
Hakekat
Sains, Pengukuan dan Metode Ilmiah |
7.1 |
§
menyebutkan
cabang-cabang ilmu Sains disertai bidang yang dipelajari; §
mendeskripsikan
perbedaan laboratorium IPA dan ruang lainnya; §
memilih
alat ukur yang tepat digunakan dalam percobaan; §
melakukan
pengukuran dan membaca skala dengan benar; § merancang percobaan dengan menggunakan metode ilmiah; §
mencatat
data percobaan dan menyajikan dalam bentuk graik; dan §
menulis
kesimpulan dari suatu percobaan. |
Bernalar kritis dan mandiri |
20 |
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu melakukan klasifikasi benda
berdasarkan karakteristik yang diamati, mengidentifikasi sifat dan
karakteristik zat, membedakan perubahan fisik dan kimia serta memisahkan
campuran sederhana |
||||
Ruang Lingkup
Materi |
Kode |
Tujuan
Pembelajaran |
Profil Pelajar Pancasila |
Alokasi JP |
Zat dan Perubahannya |
7.2 |
§ Menjelaskan
perbedaan keadaan
partikel dalam zat
padat, cair dan gas. § Mendeskripsikan peristiwa difusi dalam zat cair dan gas dalam keseharian. § Membuat
model partikel zat
padat, cair dan gas § Menerapkan
konsep pergerakan
partikel dalam menjelaskan
fenomena yang
terjadi di sekitar pelajar § Menjelaskan
proses perubahan
wujud zat dalam
skala partikel. § Menginterpretasi
wujud zat
pada suhu yang bervariasi
berdasarkan data titik didih dan titik leleh. § Menganalisis
data titik didih
dan titik leleh § Membedakan
perubahan fisika
dan kimia. § Mendeskripsikan
siklus air
dalam kaitannya dengan
perubahan wujud zat. § Menyebutkan
tandatanda terjadinya reaksi
kimia. § Mengidentiikansi perubahan zat dalam kehidupan sehari-hari § Menentukan
massa jenis suatu
benda padat. § Mendeskripsikan pengaruh perbedaan kerapatan zat pada peristiwa mengapung, tenggelam. § Membandingkan kerapatan zat cair berdasarkan percobaan atau gambar lapisan cairan-cairan yang dicampur. § Merancang
percobaan untuk
menyelidiki faktor yang
mempengaruhi waktu
melelehnya es. § Mengumpulkan
data dalam
percobaan. § Menulis
laporan percobaan
(tugas di rumah) |
Gotong royong |
22 |
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mengukur besaran suhu yang
diakibatkan oleh energi kalor yang diberikan, sekaligus dapat membedakan
isolator dan konduktor kalor |
||||
Ruang Lingkup
Materi |
Kode |
Tujuan
Pembelajaran |
Profil Pelajar Pancasila |
Alokasi JP |
Suhu, Kalor
dan Pemuaian |
7.3 |
§ menyebutkan
pengertian suhu dan kalor; § mendeskripsikan
perbedaan suhu dan kalor; § merancang
percobaan sederhana untuk membuktikan fenomena suhu; § melakukan
pengamatan fenomena kalor di dalam kehidupan; § membuat
percobaan sederhana konsep pemuaian pada aplikasi teknologi sederhana; dan §
menuliskan analisis
hasil dari pecobaan. mengukur besaran suhu yang diakibatkan oleh energi kalor
yang diberikan, sekaligus |
Bergotong royong |
15 |
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik dapat memanfaatkan ragam gerak dan
gaya (force), memahami hubungan konsep usaha dan energi, |
||||
Ruang Lingkup
Materi |
Kode |
Tujuan
Pembelajaran |
Profil Pelajar Pancasila |
Alokasi JP |
Gerak dan Gaya |
7.4 |
§ menyebutkan
perbedaan perpindahan dan jarak tempuh; § mendeskripsikan kecepatan dan percepatan
pada gerak lurus sederhana; § merancang
percobaan aktivitas gerak; § melakukan
aktivitas pembuktian Hukum I Newton; dan §
menuliskan analisis
hasil dari pecobaan hukum aksi-reaksi. |
Bernalar
kritis |
15 |
Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu melakukan klasifikasi
makhluk hidup |
||||
Ruang Lingkup
Materi |
Kode |
Tujuan
Pembelajaran |
Profil Pelajar Pancasila |
Alokasi JP |
Klasifikasi Makhluk Hidup |
7.5 |
§
membedakan
makhluk hidup dengan benda mati berdasarkan karakteristiknya; §
menganalisis
teknik pengelompokan makhluk hidup; §
membuat
kunci klasiikasi untuk mengidentiikasi makhluk hidup di sekitar sekolah; §
menganalisis
karakteristik khas setiap kerajaan makhluk hidup; dan § menjelaskan peranan makhluk hidup dalam kehidupan |
Bernalar
kritis |
20 |
Capaian Pembelajaran: Peserta didik mengidentifikasi interaksi antar makhluk
hidup dan lingkungannya, |
||||
Ruang Lingkup
Materi |
Kode |
Tujuan
Pembelajaran |
Profil Pelajar Pancasila |
Alokasi JP |
Ekologi dan Keanekaragaman Hayati |
7.6 |
§ menganalisis
pengaruh lingkungan terhadap makhluk hidup; § menganalisis
interaksi antara komponen penyusun suatu ekosistem; § menjelaskan
perbedaan keanekaragaman hayati Indonesia dengan di belahan dunia lainnya; § menganalisis
pengaruh manusia terhadap ekosistem; dan § menjelaskan
pentingnya konservasi keanekaragaman hayati |
Mandiri |
25 |
Capaian Pembelajaran: Peserta didik mengelaborasikan pemahamannya tentang
posisi relatif bumi-bulan-matahari dalam sistem tata surya dan memahami
struktur lapisan bumi untuk menjelaskan fenomena alam yang terjadi. |
||||
Ruang Lingkup
Materi |
Kode |
Tujuan
Pembelajaran |
Profil Pelajar Pancasila |
Alokasi JP |
Bumi
dan Tata Surya |
7.7 |
§
menyebutkan
macam-macam benda langit; §
mendeskripsikan
perbedaan benda-benda langit; §
mendeskripsikan
perbedaan satelit alami dan buatan; §
mendeskripsikan
akibat dari pergerakan Bumi dan benda planet lain terhadap fenomena alam di Bumi; §
mengumpulkan
informasi untuk mendukung pendapat kondisi planet/bulan yang paling sesuai
untuk kehidupan manusia; dan §
menjelaskan
peranan matahari dalam kehidupan. |
Bernalar
kritis |
20 |
|
|
|
Total JP |
137 JP |
Mengtahui Mataram, Juli 2022
Kepala SMPN 7 Mataram Guru Mata Pelajaran IPA
Imam Purwanto, S.Pd.
Raihani,
S.Pd
NIP. NIP.
Comments
Post a Comment