Skip to main content

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN IPA KELAS 7

 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

 

 

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas                                      : VII

Tahun Pelajaran                     : 2022/2023

 

 

Capaian Pembelajaran:

 Peserta mampu melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui

 Menggunakan berbagai alat bantu dalam melakukan pengukuran dan pengamatan. 

 Memperhatikan detail yang relevan dari objek yang diamati.

Ruang Lingkup Materi

Kode

Tujuan Pembelajaran

Profil Pelajar Pancasila

Alokasi

JP

Hakekat Sains, Pengukuan dan Metode Ilmiah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.1

§   menyebutkan cabang-cabang ilmu Sains disertai bidang yang dipelajari;

§   mendeskripsikan perbedaan laboratorium IPA dan ruang lainnya;

§   memilih alat ukur yang tepat digunakan dalam percobaan;

§   melakukan pengukuran dan membaca skala dengan benar;

§   merancang percobaan dengan menggunakan metode ilmiah;

§   mencatat data percobaan dan menyajikan dalam bentuk graik; dan

§   menulis kesimpulan dari suatu percobaan.

 

Bernalar kritis dan mandiri

20


 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu melakukan klasifikasi benda berdasarkan karakteristik yang diamati, mengidentifikasi sifat dan karakteristik zat, membedakan perubahan fisik dan kimia serta memisahkan campuran sederhana

Ruang Lingkup Materi

Kode

 

Tujuan Pembelajaran

Profil Pelajar Pancasila

Alokasi

JP

 

 

 Zat dan Perubahannya

7.2

§  Menjelaskan perbedaan keadaan partikel dalam zat padat, cair dan gas.

§  Mendeskripsikan peristiwa difusi dalam zat cair dan gas dalam keseharian.

§  Membuat model partikel zat padat, cair dan gas

§  Menerapkan konsep pergerakan partikel dalam menjelaskan fenomena yang terjadi di sekitar pelajar

§  Menjelaskan proses perubahan wujud zat dalam skala partikel.

§  Menginterpretasi wujud zat pada suhu yang bervariasi berdasarkan data titik didih dan titik leleh.

§  Menganalisis data titik didih dan titik leleh

§  Membedakan perubahan fisika dan kimia.

§  Mendeskripsikan siklus air dalam kaitannya dengan perubahan wujud zat.

§  Menyebutkan tandatanda terjadinya reaksi kimia.

§  Mengidentiikansi perubahan zat dalam kehidupan sehari-hari

§  Menentukan massa jenis suatu benda padat.

§  Mendeskripsikan pengaruh perbedaan kerapatan zat pada peristiwa mengapung, tenggelam.

§  Membandingkan kerapatan zat cair berdasarkan percobaan atau gambar lapisan cairan-cairan yang dicampur.

§  Merancang percobaan untuk menyelidiki faktor yang mempengaruhi waktu melelehnya es.

§  Mengumpulkan data dalam percobaan.

§  Menulis laporan percobaan (tugas di rumah)

 

Gotong royong

22

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mengukur besaran suhu yang diakibatkan oleh energi kalor yang diberikan, sekaligus dapat membedakan isolator dan konduktor kalor

Ruang Lingkup Materi

Kode

Tujuan Pembelajaran

Profil Pelajar Pancasila

Alokasi

JP

 

 Suhu, Kalor dan Pemuaian

 

7.3

§  menyebutkan pengertian suhu dan kalor;

§  mendeskripsikan perbedaan suhu dan kalor;

§  merancang percobaan sederhana untuk membuktikan fenomena suhu;

§  melakukan pengamatan fenomena kalor di dalam kehidupan;

§  membuat percobaan sederhana konsep pemuaian pada aplikasi teknologi sederhana; dan

§   menuliskan analisis hasil dari pecobaan. mengukur besaran suhu yang diakibatkan oleh energi kalor yang diberikan, sekaligus

 

Bergotong royong

15

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik dapat memanfaatkan ragam gerak dan gaya (force), memahami hubungan konsep usaha dan energi,

Ruang Lingkup Materi

Kode

Tujuan Pembelajaran

Profil Pelajar Pancasila

Alokasi

JP

 

Gerak dan Gaya

 

7.4

§  menyebutkan perbedaan perpindahan dan jarak tempuh;

§   mendeskripsikan kecepatan dan percepatan pada gerak lurus sederhana;

§  merancang percobaan aktivitas gerak;

§  melakukan aktivitas pembuktian Hukum I Newton; dan

§   menuliskan analisis hasil dari pecobaan hukum aksi-reaksi.

 

Bernalar kritis

15

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mampu melakukan klasifikasi makhluk hidup

Ruang Lingkup Materi

Kode

Tujuan Pembelajaran

Profil Pelajar Pancasila

Alokasi

JP

 

Klasifikasi Makhluk Hidup

 

 

 

 

 

 

 

7.5

 

 

 

 

 

 

§   membedakan makhluk hidup dengan benda mati berdasarkan karakteristiknya;

§   menganalisis teknik pengelompokan makhluk hidup;

§   membuat kunci klasiikasi untuk mengidentiikasi makhluk hidup di sekitar sekolah;

§   menganalisis karakteristik khas setiap kerajaan makhluk hidup; dan

§  menjelaskan peranan makhluk hidup dalam kehidupan

Bernalar kritis

 

 

 

 

 

 

 

20

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mengidentifikasi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya,

Ruang Lingkup Materi

Kode

Tujuan Pembelajaran

Profil Pelajar Pancasila

Alokasi

JP

 

Ekologi dan Keanekaragaman Hayati

 

7.6

§  menganalisis pengaruh lingkungan terhadap makhluk hidup;

§  menganalisis interaksi antara komponen penyusun suatu ekosistem;

§  menjelaskan perbedaan keanekaragaman hayati Indonesia dengan di belahan dunia lainnya;

§  menganalisis pengaruh manusia terhadap ekosistem; dan

§  menjelaskan pentingnya konservasi keanekaragaman hayati

 

 

 

 

Mandiri

25

   Capaian Pembelajaran:

Peserta didik mengelaborasikan pemahamannya tentang posisi relatif bumi-bulan-matahari dalam sistem tata surya dan memahami struktur lapisan bumi untuk menjelaskan fenomena alam yang terjadi.

Ruang Lingkup Materi

Kode

Tujuan Pembelajaran

Profil Pelajar Pancasila

Alokasi

JP

 

Bumi dan  Tata Surya

7.7

§   menyebutkan macam-macam benda langit;

§   mendeskripsikan perbedaan benda-benda langit;

§   mendeskripsikan perbedaan satelit alami dan buatan;

§   mendeskripsikan akibat dari pergerakan Bumi dan benda planet lain terhadap fenomena alam di Bumi;

§   mengumpulkan informasi untuk mendukung pendapat kondisi planet/bulan yang paling sesuai untuk kehidupan manusia; dan

§   menjelaskan peranan matahari dalam kehidupan.

Bernalar kritis

20

 

 

 

Total JP

 137 JP

 

 

 

 

Mengtahui                                                                           Mataram,     Juli   2022

 Kepala SMPN 7 Mataram                                               Guru Mata Pelajaran IPA

 

 

 Imam Purwanto, S.Pd.                                                           Raihani, S.Pd

NIP.                                                                                         NIP. 

Comments

Popular posts from this blog

LKPD. PENGERTIAN GERAK DAN JENIS-JENIS GERAK KELAS 7

  GERAK BENDA   LKPD 1. Pengertian Gerak dan Jenis-jenis Gerak Tujuan Pembelajaran: 1.       Menjelaskan pengertian gerak 2.      Membedakan jenis gerak berdasarkan lintasaannya. 3.      Mengidentifikasi besaran-besaran yang terdapat pada benda yang bergerak 4.      Mengelompokkan gerak berdasrkan kecepatannya 5.      Menyusun kesimpulan   Isilah titik-titik di bawah ini! 1.         1.  Bapak mengendarai motor menuju kantornya seperti gambar berikut!                          Berdasarkan gambar di atas dapat dikatakan : a)        Motor disebut bergerak jika titik acuannya …. b)        Bapak disebut bergerak jika titik acuannya …. c)        Kantor disebut bergerak jika titik acuannya .… Berdasarkan jawabanmu di atas, benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan … terhadap .... d)        Motor bergerak pada lintasan lurus sehingga dinamakan   gerak …. e)        Speedometer pada motor berfungsi untuk mengukur …. f)         Besaran- besaran lain

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)  

LKPD TRUKTUR TUMBUHAN

  STRUKTUR ANATOMI AKAR TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL   A.     Tujuan             : Mengamati perbedaan struktur akar tumbuhan monokotil dan dikotil   B.      Rumusan Masalah        : ………………………………………………………   C.      Alat dan Bahan: 1.       Preparat awetan akar monokotil 2.       Preparat awetan akar dikotil 3.       Mikroskop dan perlengkapannya   D.     Cara Kerja 1.       Amatilah preparat akar monokotil menggunakan mikroskop dengan pembesaran yang lemah. 2.       Amatilah struktur dan letak setiap jaringan penyusun akar monokotil. 3.       Dengan pembesaran yang lebih kuat, amatilah detail struktur anatomi akar. Temukan jaringan epidermis, korteks, endodermis dan stele (xylem dan floem). 4.       Buatlah gambar dan lengkapilah bagian-bagiannya. 5.       Ulangi langkah 1 – 4 untuk mengamati akar dikotil.   E.      Hasil Pengamatan Tabel. Struktur Akar Tumbuhan Monokotil dan Dikotil No. Jenis Akar Tumbuhan Gambar An