Skip to main content

SOAL DAN PEMBAHASAN OSN IPA FISIKA TINGKAT SMP

 

LATIHAN SOAL OLIMPIADE IPA-FISIKA (1)

(Suhu, Gerak Benda dan Energi Mekanik)

 

Pilihlah jawaban yang benar!

1.      Skala termometer Celcius menunjukkan angka 40℃ ketika mengukur suatu benda. Berapakah hasil tunjukan angka jika benda tersebut diukur menggunakan termometer Reamur?

A.     10                                                              C.32

B.     12                                                              D. 45

Kunci : 32

Pembahasan :

Titik tetap atas termometer Celcius = 100°C

Titik tetap bawah termometer Celcius = 0°C

Titik tetap atas termometer Reamur = 80°R

Titik tetap bawah termometer Celcius = 0°R

 40°C = ... °R


                                                      

 

2.      Termometer Y mengukur suhu ruang 25°C dan menunjukkan nilai 50°Y. Saat mengukur air mendidih termometer ini menunjukkan nilai 125°Y. Jika termometer ini mengukur suhu 10°C, berapakah nilai yang mungkin ditunujkkan pada termometer?

A.     0°Y                                                                        C. 35°Y

B.     15°Y                                                          D. 40°Y

Kunci : C

 Pembahasan:


                                          

3.      Sebuah mobil bergerak ka arah Timur sejauh 80 km, kemudian berbalik arah sejauh 20 km. Perpindahan dan jarak yang ditempuh mobil adalah ....

A.     20 km dan 100 km                                                C. 60 km dan 100 km

B.     40 km dan 120 km                                                D. 80 km dan 120 km

Kunci : C

Pembahasan:

Perpindahan dipengaruhi oleh arah, sehingga perpindahan = 80 km – 20 km = 60 km

Jarak tidak dipengaruhi oleh arah sehingga jarak = 80 km +20 km = 100 km

 

4.      Sepeda motor dengan kecepatan awal 10 m/s. Setelah 2 sekon, kecepatan berubah menjadi 20 m/s, maka percepatan benda adalah ....

A.     5 m/s2                                                        C. 7 m/s2

B.     6 m/s2                                                        D. 8 m/s2

Kunci : A

Pembahasan:

 a = 



 

5.      Sebuah benda bergerak dengan kecepatan awal 20 m/s dan percepatan konstan 2 m/s2. Setelah 10 detik, benda tersebut akan bergerak sejauh ....

A.     30 m                                                          C. 500 m

B.     300 m                                                        D. 600 m

Kunci: B

Pembahasan:

      s =  vo.t + ½ .a.t2

        = (20.10) + ½(2.102)

      = 200 + ½ (200)

      = 300 m

 

6.      Sebuah batu dijatuhkan pada sebuah sumur berisi air. Suara air terdengar setelah 3 detik kemudian, kedalaman sumur adalah .... (g = 10 m/s2)

A.     10 m                                                          C. 45 m

B.     25 m                                                          D. 50 m

Kunci: C

Pembahasan: h = ½ .g.t2

                        = 1/2 (10)(32)

                        = ½ . 10 . 9

                        = 45 m

 

7.      Sebuah benda bermassa 0,5 kg dilemparkan secara vertikal ke atas dengan kecepatan awal 20 m/s. Jika g 10 m/s2, maka energi kinetik benda pada ketinggian 15 m adalah ....

A.     25 J                                                            C. 75 J

B.     50 J                                                            D. 100 J

Kunci: C.

Pembahasan: EM0 =EM1

                    Ep0 + Ek0 = Ep1 + Ek2     

                    m.g.h + ½ mv2  = m.g.h1 + Ek2

                        0    + ½ (0,5)(202) = (0,5)(10)(15) + Ek2

                        0    + 100             = 75 + Ek2

                                    100 – 75   = Ek2

                                                25 = Ek2

Comments

Popular posts from this blog

LKPD. PENGERTIAN GERAK DAN JENIS-JENIS GERAK KELAS 7

  GERAK BENDA   LKPD 1. Pengertian Gerak dan Jenis-jenis Gerak Tujuan Pembelajaran: 1.       Menjelaskan pengertian gerak 2.      Membedakan jenis gerak berdasarkan lintasaannya. 3.      Mengidentifikasi besaran-besaran yang terdapat pada benda yang bergerak 4.      Mengelompokkan gerak berdasrkan kecepatannya 5.      Menyusun kesimpulan   Isilah titik-titik di bawah ini! 1.         1.  Bapak mengendarai motor menuju kantornya seperti gambar berikut!                          Berdasarkan gambar di atas dapat dikatakan : a)        Motor disebut bergerak jika titik acuannya …. b)        Bapak disebut bergerak jika titik acuannya …. c)        Kantor disebut bergerak jika titik acuannya .… Berdasarkan jawabanmu di atas, benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan … terhadap .... d)        Motor bergerak pada lintasan lurus sehingga dinamakan   gerak …. e)        Speedometer pada motor berfungsi untuk mengukur …. f)         Besaran- besaran lain

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)  

LKPD TRUKTUR TUMBUHAN

  STRUKTUR ANATOMI AKAR TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL   A.     Tujuan             : Mengamati perbedaan struktur akar tumbuhan monokotil dan dikotil   B.      Rumusan Masalah        : ………………………………………………………   C.      Alat dan Bahan: 1.       Preparat awetan akar monokotil 2.       Preparat awetan akar dikotil 3.       Mikroskop dan perlengkapannya   D.     Cara Kerja 1.       Amatilah preparat akar monokotil menggunakan mikroskop dengan pembesaran yang lemah. 2.       Amatilah struktur dan letak setiap jaringan penyusun akar monokotil. 3.       Dengan pembesaran yang lebih kuat, amatilah detail struktur anatomi akar. Temukan jaringan epidermis, korteks, endodermis dan stele (xylem dan floem). 4.       Buatlah gambar dan lengkapilah bagian-bagiannya. 5.       Ulangi langkah 1 – 4 untuk mengamati akar dikotil.   E.      Hasil Pengamatan Tabel. Struktur Akar Tumbuhan Monokotil dan Dikotil No. Jenis Akar Tumbuhan Gambar An