Skip to main content

SOAL DAN PEMBAHASAN OSN IPA FISIKA TINGKAT SMP

 

LATIHAN SOAL OLIMPIADE IPA-FISIKA (1)

(Suhu, Gerak Benda dan Energi Mekanik)

 

Pilihlah jawaban yang benar!

1.      Skala termometer Celcius menunjukkan angka 40℃ ketika mengukur suatu benda. Berapakah hasil tunjukan angka jika benda tersebut diukur menggunakan termometer Reamur?

A.     10                                                              C.32

B.     12                                                              D. 45

Kunci : 32

Pembahasan :

Titik tetap atas termometer Celcius = 100°C

Titik tetap bawah termometer Celcius = 0°C

Titik tetap atas termometer Reamur = 80°R

Titik tetap bawah termometer Celcius = 0°R

 40°C = ... °R


                                                      

 

2.      Termometer Y mengukur suhu ruang 25°C dan menunjukkan nilai 50°Y. Saat mengukur air mendidih termometer ini menunjukkan nilai 125°Y. Jika termometer ini mengukur suhu 10°C, berapakah nilai yang mungkin ditunujkkan pada termometer?

A.     0°Y                                                                        C. 35°Y

B.     15°Y                                                          D. 40°Y

Kunci : C

 Pembahasan:


                                          

3.      Sebuah mobil bergerak ka arah Timur sejauh 80 km, kemudian berbalik arah sejauh 20 km. Perpindahan dan jarak yang ditempuh mobil adalah ....

A.     20 km dan 100 km                                                C. 60 km dan 100 km

B.     40 km dan 120 km                                                D. 80 km dan 120 km

Kunci : C

Pembahasan:

Perpindahan dipengaruhi oleh arah, sehingga perpindahan = 80 km – 20 km = 60 km

Jarak tidak dipengaruhi oleh arah sehingga jarak = 80 km +20 km = 100 km

 

4.      Sepeda motor dengan kecepatan awal 10 m/s. Setelah 2 sekon, kecepatan berubah menjadi 20 m/s, maka percepatan benda adalah ....

A.     5 m/s2                                                        C. 7 m/s2

B.     6 m/s2                                                        D. 8 m/s2

Kunci : A

Pembahasan:

 a = 



 

5.      Sebuah benda bergerak dengan kecepatan awal 20 m/s dan percepatan konstan 2 m/s2. Setelah 10 detik, benda tersebut akan bergerak sejauh ....

A.     30 m                                                          C. 500 m

B.     300 m                                                        D. 600 m

Kunci: B

Pembahasan:

      s =  vo.t + ½ .a.t2

        = (20.10) + ½(2.102)

      = 200 + ½ (200)

      = 300 m

 

6.      Sebuah batu dijatuhkan pada sebuah sumur berisi air. Suara air terdengar setelah 3 detik kemudian, kedalaman sumur adalah .... (g = 10 m/s2)

A.     10 m                                                          C. 45 m

B.     25 m                                                          D. 50 m

Kunci: C

Pembahasan: h = ½ .g.t2

                        = 1/2 (10)(32)

                        = ½ . 10 . 9

                        = 45 m

 

7.      Sebuah benda bermassa 0,5 kg dilemparkan secara vertikal ke atas dengan kecepatan awal 20 m/s. Jika g 10 m/s2, maka energi kinetik benda pada ketinggian 15 m adalah ....

A.     25 J                                                            C. 75 J

B.     50 J                                                            D. 100 J

Kunci: C.

Pembahasan: EM0 =EM1

                    Ep0 + Ek0 = Ep1 + Ek2     

                    m.g.h + ½ mv2  = m.g.h1 + Ek2

                        0    + ½ (0,5)(202) = (0,5)(10)(15) + Ek2

                        0    + 100             = 75 + Ek2

                                    100 – 75   = Ek2

                                                25 = Ek2

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS PRAKTEK PESAWAT SEDERHANA "MINIATUR JEMBATAN GERAK"

 MINIATUR JEMBATAN GERAK           Salah satu materi IPA di Kelas 8 Semester 1 adalah Pesawat Sederhana. Materi ini telah  dipelajari oleh peserta didik SMPN 6 Mataram melalui serangkaian kegiatan belajar seperti praktek sederhana di laboratorium, dengan mendemonstrasikan prinsip kerja dari  tuas, katrol dan bidang miring. Peserta didik juga diberikan latihan soal untuk mengukur pemahaman terhadap materi dan diakhiri dengan pemberian tugas tentang  pembuatan produk miniatur "Jembatan Gerak " yang bekerja dengan memanfaatkan prinsip katrol. Pembuatan produk tersebut merupakan bagian dari penilaian kinerja peserta didik yang berfokus pada hasil karya atau produk.           Jembatan gerak atau movable bridge adalah  jembatan yang dapat bergerak untuk memungkinkan benda-benda tinggi seperti kapal layar melintasinya. Jembatan ini berbeda dengan jembatan pada umumnya karena badan jembatan dapat dinaikkan dan ...

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK CABANG-CABANG SAINS

  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK LKPD 1                       A. Tujuan:  Peserta didik mampu menyebutkan cabang-cabang ilmu sains disertai bidang yang dipelajari setelah literasi dan membuat mind maping tentang cabang ilmu sains dengan mandiri Peserta didik mampu mengumpulkan dan menyajikan informasi    untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama dari hasil diskusi dengan mandiri  B. Teks Bacaan Cabang-cabang ilmu sains  erdapat 5 cabang ilmu pengetahuan alam yaitu biologi, fisika, astronomi, kimia dan ilmu bumi. Berikut penjelasan singkat mengenai 5 cabang utaman dalam IPA atau sains. Bi ologi adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang organisme hidup,perkembangbiakannya, dan interaksinya. Cabang biologi adalah zoology, botani,genetika,ekologi, biologi kelautan, dan  biokimia. F...

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)