Skip to main content

LKPD SISTEM EKSKRESI

 

LKPD SISTEM EKSKRESI

Tujuan Pembelajaran:

1.                  Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi pada organ ginjal

2.           Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi pada organ kulit

3.                  Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi pada organ hati

4.                  Mengidentifikasi berbagai pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi

Cara Kerja:

1.       Bacalah buku paket IPA atau sumber belajar lainnya

2.       Diskusilah dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini bersama kelompokmu!

            a. Perhatikan gambar, lalu tulislah keterangan gambarnya!


           b. Pembentukan urine terjadi di dalam ginjal, isilah tabel di bawah ini untuk menjelaskan proses                 pembentukan urine yang terjadi di dalam ginjal


            b. Tulislah keterangan  gambar kulit di bawah ini!



            b. Jelaskan hubungan kulit dengan kelenjar keringat!

                     ........................................................................................................................

                    ........................................................................................................................

            c.    Jelaskan hubungan hati dengan kantong empedu!

.................................................................................................................................

................................................................................................................................

d.      Pada pemeriksaan laboratorium, urine seorang pasien diuji dengan indikator benedict dan      biuret. Hasil uji dengan indikator benedict menunjukkan reaksi warna menjadi merah bata, sedangkan ketika diuji  dengan biuret menunjukkan reaksi warna ungu. Berdasarkan hal tersebut, analisislah penyakit yang diderita oleh pasien dan bagian ginjal  manakah yang mengalami gangguan? Agar terhindar dari penyakit tersebut apakah yang dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal?

...................................................................................................................................

..................................................................................................................................

..................................................................................................................................

..................................................................................................................................

...................................................................................................................................

..................................................................................................................................

 

e.       Berdasarkan diskusi di atas, tulislah kesimpulanmu!

............................................................................................................................................


Comments

Popular posts from this blog

LKPD. PENGERTIAN GERAK DAN JENIS-JENIS GERAK KELAS 7

  GERAK BENDA   LKPD 1. Pengertian Gerak dan Jenis-jenis Gerak Tujuan Pembelajaran: 1.       Menjelaskan pengertian gerak 2.      Membedakan jenis gerak berdasarkan lintasaannya. 3.      Mengidentifikasi besaran-besaran yang terdapat pada benda yang bergerak 4.      Mengelompokkan gerak berdasrkan kecepatannya 5.      Menyusun kesimpulan   Isilah titik-titik di bawah ini! 1.         1.  Bapak mengendarai motor menuju kantornya seperti gambar berikut!                          Berdasarkan gambar di atas dapat dikatakan : a)        Motor disebut bergerak jika titik acuannya …. b)        Bapak disebut bergerak jika titik acuannya …. c)        Kantor disebut bergerak jika titik acuannya .… Berdasarkan jawabanmu di atas, benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan … terhadap .... d)        Motor bergerak pada lintasan lurus sehingga dinamakan   gerak …. e)        Speedometer pada motor berfungsi untuk mengukur …. f)         Besaran- besaran lain

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)  

LKPD TRUKTUR TUMBUHAN

  STRUKTUR ANATOMI AKAR TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL   A.     Tujuan             : Mengamati perbedaan struktur akar tumbuhan monokotil dan dikotil   B.      Rumusan Masalah        : ………………………………………………………   C.      Alat dan Bahan: 1.       Preparat awetan akar monokotil 2.       Preparat awetan akar dikotil 3.       Mikroskop dan perlengkapannya   D.     Cara Kerja 1.       Amatilah preparat akar monokotil menggunakan mikroskop dengan pembesaran yang lemah. 2.       Amatilah struktur dan letak setiap jaringan penyusun akar monokotil. 3.       Dengan pembesaran yang lebih kuat, amatilah detail struktur anatomi akar. Temukan jaringan epidermis, korteks, endodermis dan stele (xylem dan floem). 4.       Buatlah gambar dan lengkapilah bagian-bagiannya. 5.       Ulangi langkah 1 – 4 untuk mengamati akar dikotil.   E.      Hasil Pengamatan Tabel. Struktur Akar Tumbuhan Monokotil dan Dikotil No. Jenis Akar Tumbuhan Gambar An