Skip to main content

LKPD SISTEM EKSKRESI

 

LKPD SISTEM EKSKRESI

Tujuan Pembelajaran:

1.                  Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi pada organ ginjal

2.           Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi pada organ kulit

3.                  Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi pada organ hati

4.                  Mengidentifikasi berbagai pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi

Cara Kerja:

1.       Bacalah buku paket IPA atau sumber belajar lainnya

2.       Diskusilah dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini bersama kelompokmu!

            a. Perhatikan gambar, lalu tulislah keterangan gambarnya!


           b. Pembentukan urine terjadi di dalam ginjal, isilah tabel di bawah ini untuk menjelaskan proses                 pembentukan urine yang terjadi di dalam ginjal


            b. Tulislah keterangan  gambar kulit di bawah ini!



            b. Jelaskan hubungan kulit dengan kelenjar keringat!

                     ........................................................................................................................

                    ........................................................................................................................

            c.    Jelaskan hubungan hati dengan kantong empedu!

.................................................................................................................................

................................................................................................................................

d.      Pada pemeriksaan laboratorium, urine seorang pasien diuji dengan indikator benedict dan      biuret. Hasil uji dengan indikator benedict menunjukkan reaksi warna menjadi merah bata, sedangkan ketika diuji  dengan biuret menunjukkan reaksi warna ungu. Berdasarkan hal tersebut, analisislah penyakit yang diderita oleh pasien dan bagian ginjal  manakah yang mengalami gangguan? Agar terhindar dari penyakit tersebut apakah yang dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal?

...................................................................................................................................

..................................................................................................................................

..................................................................................................................................

..................................................................................................................................

...................................................................................................................................

..................................................................................................................................

 

e.       Berdasarkan diskusi di atas, tulislah kesimpulanmu!

............................................................................................................................................


Comments

Popular posts from this blog

TUGAS PRAKTEK PESAWAT SEDERHANA "MINIATUR JEMBATAN GERAK"

 MINIATUR JEMBATAN GERAK           Salah satu materi IPA di Kelas 8 Semester 1 adalah Pesawat Sederhana. Materi ini telah  dipelajari oleh peserta didik SMPN 6 Mataram melalui serangkaian kegiatan belajar seperti praktek sederhana di laboratorium, dengan mendemonstrasikan prinsip kerja dari  tuas, katrol dan bidang miring. Peserta didik juga diberikan latihan soal untuk mengukur pemahaman terhadap materi dan diakhiri dengan pemberian tugas tentang  pembuatan produk miniatur "Jembatan Gerak " yang bekerja dengan memanfaatkan prinsip katrol. Pembuatan produk tersebut merupakan bagian dari penilaian kinerja peserta didik yang berfokus pada hasil karya atau produk.           Jembatan gerak atau movable bridge adalah  jembatan yang dapat bergerak untuk memungkinkan benda-benda tinggi seperti kapal layar melintasinya. Jembatan ini berbeda dengan jembatan pada umumnya karena badan jembatan dapat dinaikkan dan ...

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)  

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK CABANG-CABANG SAINS

  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK LKPD 1                       A. Tujuan:  Peserta didik mampu menyebutkan cabang-cabang ilmu sains disertai bidang yang dipelajari setelah literasi dan membuat mind maping tentang cabang ilmu sains dengan mandiri Peserta didik mampu mengumpulkan dan menyajikan informasi    untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama dari hasil diskusi dengan mandiri  B. Teks Bacaan Cabang-cabang ilmu sains  erdapat 5 cabang ilmu pengetahuan alam yaitu biologi, fisika, astronomi, kimia dan ilmu bumi. Berikut penjelasan singkat mengenai 5 cabang utaman dalam IPA atau sains. Bi ologi adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang organisme hidup,perkembangbiakannya, dan interaksinya. Cabang biologi adalah zoology, botani,genetika,ekologi, biologi kelautan, dan  biokimia. F...