Skip to main content

LKPD. GERAK BENDA DAN MAKHLUK HIDUP

 

GERAK BENDA DAN MAKHLUK HIDUP

 

LKPD 2. Jenis-jenis Gerak  Lurus

Tujuan Pembelajaran:

1.      Mengelompokkan gerak berdasarkan kecepatannya

2.      Menganalisis gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan  berdasarkan grafik

3.      Menyusun kesimpulan

Cara Kerja.

1.       Perhatikan gambar di bawah! Saat benda bergerak, kecepatan benda berubah-ubah, seperti gambar         di bawah.


Pada lintasan A-B kecepatan sepeda bertambah, pada lintasan B-C kecepatan sepeda tetap, dan pada lintasan C-D kecepatan sepeda berkurang. Berdasarkan gambar di atas, isilah titik-titik pada tabel berikut!

Tabel jenis gerak benda

                                    Keterangan (**) = pilih: GLB = Gerk Lurus Beraturan atau GLBB dipercepat atau GLBB diperlambat, GLBB = Gerak Lurus Berubah Beraturan)

2.       Perhatikan tabel dan grafik di bawah!


a.       Berdasarkan tabel dan grafik di atas, jenis gerak yang dialami benda adalah ............. karena ..............

b.      Rumus gerak tersebut adalah .....

3. Perhatikan grafik berikut!

Grafik (a) menunjukkan jenis gerak yang dialami benda adalah ............................... karena ......................................., sedangkan grafik (b) menujukkan jenis gerak yang dialami benda adalah ............................................, karena ..........................................

Rumus yang berlaku pada gerak di atas adalah ..........

 

4. Kesimpulan yang diperoleh  

   ..................................................................................................................................................................




Comments

Popular posts from this blog

TUGAS PRAKTEK PESAWAT SEDERHANA "MINIATUR JEMBATAN GERAK"

 MINIATUR JEMBATAN GERAK           Salah satu materi IPA di Kelas 8 Semester 1 adalah Pesawat Sederhana. Materi ini telah  dipelajari oleh peserta didik SMPN 6 Mataram melalui serangkaian kegiatan belajar seperti praktek sederhana di laboratorium, dengan mendemonstrasikan prinsip kerja dari  tuas, katrol dan bidang miring. Peserta didik juga diberikan latihan soal untuk mengukur pemahaman terhadap materi dan diakhiri dengan pemberian tugas tentang  pembuatan produk miniatur "Jembatan Gerak " yang bekerja dengan memanfaatkan prinsip katrol. Pembuatan produk tersebut merupakan bagian dari penilaian kinerja peserta didik yang berfokus pada hasil karya atau produk.           Jembatan gerak atau movable bridge adalah  jembatan yang dapat bergerak untuk memungkinkan benda-benda tinggi seperti kapal layar melintasinya. Jembatan ini berbeda dengan jembatan pada umumnya karena badan jembatan dapat dinaikkan dan ...

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)  

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK CABANG-CABANG SAINS

  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK LKPD 1                       A. Tujuan:  Peserta didik mampu menyebutkan cabang-cabang ilmu sains disertai bidang yang dipelajari setelah literasi dan membuat mind maping tentang cabang ilmu sains dengan mandiri Peserta didik mampu mengumpulkan dan menyajikan informasi    untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama dari hasil diskusi dengan mandiri  B. Teks Bacaan Cabang-cabang ilmu sains  erdapat 5 cabang ilmu pengetahuan alam yaitu biologi, fisika, astronomi, kimia dan ilmu bumi. Berikut penjelasan singkat mengenai 5 cabang utaman dalam IPA atau sains. Bi ologi adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup. Biologi mempelajari tentang organisme hidup,perkembangbiakannya, dan interaksinya. Cabang biologi adalah zoology, botani,genetika,ekologi, biologi kelautan, dan  biokimia. F...