Skip to main content

SOAL ULANGAN HARIAN PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN

 PENILAIAN HARIAN 2

“PERKEMBANGBIAKAN  PADA TUMBUHAN”


Pilihlah jawaban yang tepat!

1. Perhatikan data tumbuhan berikut!

  1. Semangka
  2. Singkong
  3. Kelapa
  4. Jagung
  5. Ubi jalan

2. Diantara tumbuhan di atas yang biasanya dikembangbiakkan secara vegetative adalah ….

A. 1, 2, 4

B. 1, 4, 5

C. 2, 3, 6

D. 2, 5, 6

3. Terbentuknya individu baru yang didadhului oleh peristiwa peleburan sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina disebut ….

A. Perkembangbiakan generative

B. Perkembangbiakan vegetative

C. Pembuahan

D. Fertilisasi

4. Manusia cenderung lebih suka memperbanyak tanaman  dengan cara tidak kawin (vegetative), karena ….

A. Individu baru yang dihasilkan lebih bervariasi

B. Umurnya pendek

C. Sifat individu baru sesuai yang dikehendaki

D. Setiap orang dapat melakukannya

5. Pernyataan mengenai bunga berikut ini yang apling benar adalah ….

A. Bunga lengkap adalah bunga yang mempunyai mahkota, kelopak, putik dan tangkai bunga

B. Bunga betina adalah bunga yang alat kelaminnya berupa benang  sari

C. Bunga jantan adalah  bunga yang alat kelaminnya berupa putik

D. Bunga sempurna adalah bunga yang mempunyai benang sari dan putik

6. Perhatikan gambar berikut!


            

Bagian bunga yang berfungsi untuk menyanggga bunga setelah mekar adalah ….

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4


7. Berikut ini kelompok tumbuhan berumah dua yang benar adalah ….

A. Salak, pakis haji dan melinjo

B. Kacang tanah, kacang panjan dan turi

C. mentimun, semangka dan wuluh

D. pinus, kelapa dan pakis haji

8. Diantara tanaman berikut yang penyerbukannya memerlukan  bantuan angina adalah ….

padi

vanili

kacang tanah

anggrek

9. Suatu tanaman mempunyai bunga jantan dan betina yang serbuk sari dan kepala putiknya masak secara bersamaan. Penyerbukan yang tidak mungkin terjadi adalah ….

A. serumah

B. sendiri

C. bastar

D. silang

10. Perhatikan data tanaman berikut!

  1. Padi
  2. Kacang hijau
  3. Mentimun
  4. Jagung
  5. Panili
  6. Kelapa

Tanaman berumah satu yang bunganya tidak mungkin melakukan penyerbukan serumah adalah ….

A. 1, 2, dan 4

B. 2, 3, dan 5

C. 3, 4, dan 6

D. 4, 5, dan 6

11. Melinjo mungkin melakukan penyerbukan sendiri maupun penyerbukan serumah karena ….

A. bunganya berupa bunga sempurna

B. bunga jantan dan bunga betina terletak pada satu pohon

C. melinjo merupakan tanaman berumah dua

D. bunga jantan dan bunga betina terletak pada pohon yang sama, mahkota tidak mencolok dan serbuk sari yang kecil

12. Suatu tanaman mempunyai bunga dengan ciri-ciri memiliki kelenjar madu, mahkota tidak mencolok dan serbuk sari yang kecil, ringan serta banyak. Perantara yang sesuai untuk penyerbukanb bunganya adalah ….

A. burung

B. angin

C. serangga

D. manusia

13. Bagian yang tidak dijumpai pada bakal buah suatu bunga sempurna adalah ….

A. inti kandung lembaga

B. kotak sari

C. bakal biji

D. kandung lembaga

14. Bagian yang terlibat dalam pembuahan ganda pada tumbuhan bij tertutup adalah ….

A. sel telur dan inti kandung lembaga skunder

B. tangkai putik dan sel telur

C. sel telur dan sinergid

D. sel telur dan antipoda

15. Bagian putik yang akan berkembang menjadi cadangan makanan setelah dibuahi adalah ….

A. ovum

B. antipoda

C. inti kandung lembaga skunder

D. sinergid

Untuk soal no 15 –17 perhatikan gambar berikut!

 

Pembuahan ganda merupakan peleburan antara bagian yang bernomor ….

6 dan 3 serta 5 dan 2

6 dan 1 serta 5 dan 4

6 dan 4 serta 5 dan 2

5 dan 3 serta 6 dan 4

Dri ke-7 inti yang terdapat dalam kandung lembaga yang dibuahi inti sperma akan menghasilkan zigot  adalah ….

1

2

3

4

Antipoda, sinergid dan inti sel vegetative secara berurutan ditunjukkan nomor ….

1, 4, dan 7

2, 3, dan 7

3, 4, dan 6

4, 5, dan 6

Inti serbuk sari yang meleburkan diri (mereduksi)setelah sampai ke mikrofil adalah ….

inti vegetative

inti sperma 1

inti sperma 2

inti generative

Perhatikan data tumbuhan berikut!

lumut 4. Ganggang biru

paku sarang 5. jamur merang

bakteri 6. pakis haji

kelompok tumbuhan yang berkembang biak dengan spora adalah ….

1, 2, dan 3

1, 2, dan 4 

1, 2, dan 5

1, 2, dan 6

Tanaman yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah ….

bawang putih dan lobak

bawang merah dan bakung

bunga lili dan ubi jalar

tulip dan ubi kayu

Individu baru hasil perkembangbiakan secara vegetative alamiah mempunyai sifat ….

bervariasi

jauh berbeda dengan induknya

gabungan dari induk jantan dan betina

sama dengan induknya

Perhatikan gambar berikut!

                  

   I       II          III             IV

Umbi lapis ditunjukkan oleh gambar nomor ….

I

II

III

IV

Tunas adventif pada daun terdapat pada tanaman ….

begonia

apel

sukun

dahlia

Tanaman yang berkembang biak dengan rhizoma adalah ….

stroberi, semanggi dan kencur

arbei, gembili dan ubi jalar

jahe, bunga kana dan sanseviera

kunyit, pegagan, dan teki

Rhizoma mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali ….

mempunyai daun yang berwarna hijau

berbuku-buku

mempunyai mata tunas

mempunyai kuncup ujung

Geragih tanaman beiktu terletak menjalar di atas permukaan tanah, kecuali ….

arbei

semanggi

rumput teki

pegagan

Tanaman yang dapat dikembangbiakkan dengan tunas adventif pada akar antara lain ….

tebu, lengkuas, dan sukun

kesemek, cemara, sukun

begonia, beringin dan belimbing

cemara, cocor bebek, begonia

Tumbuhan yang dapat diperbanyak dengan  cara merunduk adalah ….

tomat dan terong

jeruk dan manga

begonia dan alamanda

labu dan kacang panjang

Tumbuhan berikut yang dapat distek adalah ….

melinjo

ubi katu

semangka

labu siam

Kelompok tumbuhan yang dapat diperbanyak dengan dicangkok adalah ….

kelapa, pakis haji, anggrek, palem

jambu, manga, jeruk, sawo

jagung, kelapa, jambu dan magga

jambu, pisang, anggrek, mangga

Comments

Popular posts from this blog

LKPD. PENGERTIAN GERAK DAN JENIS-JENIS GERAK KELAS 7

  GERAK BENDA   LKPD 1. Pengertian Gerak dan Jenis-jenis Gerak Tujuan Pembelajaran: 1.       Menjelaskan pengertian gerak 2.      Membedakan jenis gerak berdasarkan lintasaannya. 3.      Mengidentifikasi besaran-besaran yang terdapat pada benda yang bergerak 4.      Mengelompokkan gerak berdasrkan kecepatannya 5.      Menyusun kesimpulan   Isilah titik-titik di bawah ini! 1.         1.  Bapak mengendarai motor menuju kantornya seperti gambar berikut!                          Berdasarkan gambar di atas dapat dikatakan : a)        Motor disebut bergerak jika titik acuannya …. b)        Bapak disebut bergerak jika titik acuannya …. c)        Kantor disebut bergerak jika titik acuannya .… Berdasarkan jawabanmu di atas, benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan … terhadap .... d)        Motor bergerak pada lintasan lurus sehingga dinamakan   gerak …. e)        Speedometer pada motor berfungsi untuk mengukur …. f)         Besaran- besaran lain

LKPD. SPERMATOGENESIS DAN OOGENESISI

  SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA   LKPD 3. Spermatogenesis dan Oogenesis Tujuan: 1.        Menjelaskan proses spermatogenesis 2.        Menjelaskan proses oogenesis Cara Kerja: 1.        Bacalah buku paket IPA halaman 14 – 15 dan halaman   20 – 21! 2.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bersama teman sekelompokmu! a.         Lengkapilah skema spermatogenesisi di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sperma berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!) b.        Lengkapilah bagan oogenesis di bawah ini! Jelaskan proses pembentukan sel telur (ovum) berdasarkan bagan tersebut! (Jawablah di samping gambar!)  

LKPD TRUKTUR TUMBUHAN

  STRUKTUR ANATOMI AKAR TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL   A.     Tujuan             : Mengamati perbedaan struktur akar tumbuhan monokotil dan dikotil   B.      Rumusan Masalah        : ………………………………………………………   C.      Alat dan Bahan: 1.       Preparat awetan akar monokotil 2.       Preparat awetan akar dikotil 3.       Mikroskop dan perlengkapannya   D.     Cara Kerja 1.       Amatilah preparat akar monokotil menggunakan mikroskop dengan pembesaran yang lemah. 2.       Amatilah struktur dan letak setiap jaringan penyusun akar monokotil. 3.       Dengan pembesaran yang lebih kuat, amatilah detail struktur anatomi akar. Temukan jaringan epidermis, korteks, endodermis dan stele (xylem dan floem). 4.       Buatlah gambar dan lengkapilah bagian-bagiannya. 5.       Ulangi langkah 1 – 4 untuk mengamati akar dikotil.   E.      Hasil Pengamatan Tabel. Struktur Akar Tumbuhan Monokotil dan Dikotil No. Jenis Akar Tumbuhan Gambar An